Berita Banjarmasin

Kalsel Daerah Penyangga Ibu Kota Negara, Begini Pandangan Anggota DPR RI Dapil Kalsel

Memiliki program pembangunan bidang infrastruktur yang masuk sebagai Program Strategis Nasional (PSN) tentu menjadi dambaan setiap daerah

Kalsel Daerah Penyangga Ibu Kota Negara, Begini Pandangan Anggota DPR RI Dapil Kalsel
banjarmasinpost.co.id/acm
Anggota DPR RI Dapil Kalsel Fraksi PDIP, Rifqinizamy Karsayuda 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memiliki program pembangunan bidang infrastruktur yang masuk sebagai Program Strategis Nasional (PSN) tentu menjadi dambaan setiap daerah di Indonesia termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan untuk yakinkan Pemerintah Pusat masukkan suatu program daerah dalam daftar PSN.

Walau demikian, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel, Rifqinizamy Karsayuda optimistis Kalsel saat ini sebagai Provinsi paling dekat dengan kawasan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur (Kaltim) akan memiliki daya tawar lebih baik untuk diperhatikan termasuk dari aspek PSN.

Menurutnya, sebagai Provinsi penyangga Ibu Kota Negara, akan banyak infrastruktur ekonomi perdagangan dan jasa kedepan yang akan dialihkan ke Kalsel layaknya seperti Provinsi Jawa Barat (Jabar) saat ini.

Baca: Pria Kaya Asal Pakistan Habiskan Rp 43 Juta Sebulan Hanya untuk Makan Anak Singa Piaraannya

Baca: Keterkejutan Uya Kuya WhatsApp (WA)-nya Diblokir Nikita Mirzani, Terkait P3H yang Dihentikan KPI?

Baca: KENA BATUNYA! Jerinx SID Tidak Hanya Singgung Wiranto, Via Vallen dan Anang Juga Sempat Dongkol

Jika inginkan hal itu terwujud, menurut Rifqi bukan berarti Pemerintah Bain Eksekutif maupun Legislatif di Kalsel pasif dan nyatakan bahwa Kalsel siap.

Melainkan harus ada upaya-upaya konkrit pengembangan bakal lokasi infrastruktur besar dan strategis terlebih dahulu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebelum mengharapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD).

"Misal Kalsel ingin ada pelabuhan internasional, kita siapkan dulu lahannya, masterplannya, supaya nanti Pemerintah Pusat tertarik dan turun memantapkan infrastrukturnya," kata Rifqi.

Membangun argumen-argumen yang rasional ditambah dengan keseriusan upaya Pemerintah Daerah atas suatu program pembangunan menurutnya harus terus dilakukan agar Program yang dianggap daerah sebagai prioritas juga dianggap prioritas oleh Pemerintah Pusat.

Rifqi nyatakan pihaknya akan berupaya menjadi jembatan penengah antara Pemerintah Daerah di Kalsel baik Eksekutif dan Legislatif dengan Pemerintah Pusat utamanya para mitra kerjanya di DPR RI untuk perkuat posisi Kalsel di Pusat.

Kembali diingatkan Rifqi, jika hanya mengandalkan jumlah Anggota DPR RI Dapil Kalsel untuk mendapatkan perhatian Pemerintah Pusat tentu Kalsel kalah dibanding daerah-daerah lain.

Ia juga nyatakan berharap segera dapat bertemu Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor untuk bisa komunikasikan strategi jitu mendapatkan lebih banyak PSN di Banua.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved