Melihat Bangunan Terbengkalai Tapin

Bangunan Terminal Keraton Bakal Jadi Lokasi Pertemuan Rutin Komunitas Sound System Tapin

Bangunan monumen Pemerintah Kabupaten Tapin di era Bupati Tapin Idis Nurdin Halidi, adalah Terminal Keraton.

Bangunan Terminal Keraton Bakal Jadi Lokasi Pertemuan Rutin Komunitas Sound System Tapin
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Terminal Keraton sangat strategis karena berada di Jalan Bakau, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bangunan monumen Pemerintah Kabupaten Tapin di era Bupati Tapin Idis Nurdin Halidi, adalah Terminal Keraton.

Terminal Keraton sangat strategis karena berada di Jalan Bakau, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel.

Peruntukan terminal itu dibangun untuk menata angkutan antarkota dalam Provinsi yang melintas di Kabupaten Tapin dan angkutan antarkota dalam kabupaten Tapin.

Baca: Muncul Penampakan Perempuan dam Harimau di Kantor Kecamatan Candi Laras Selatan, Begini Ceritanya

Bangunan Kantor Kecamatan Candi Laras Selatan di Jalan Baringin A  Desa Beringin Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin belum ditempati
Bangunan Kantor Kecamatan Candi Laras Selatan di Jalan Baringin A Desa Beringin Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin belum ditempati (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Makanya, setiap jalur parkir di terminal itu terdapat nama jurusan sesuai nama kecamatan di Kabupaten Tapin, seperti jurusan Binuang hingga jurusan Margasari.

Bangunan itu kesannya mubazir karena tidak pernah ditempati angkutan umum, sejak reporter Banjarmasinpost.co.id bertugas di Kabupaten Tapin.

Namun, lahan bangunan Terminal Keraton itu berfungsi sebagai lokasi alternatif Pemerintah Kabupaten Tapin merelokasi sementara para pedagang sayuran atau kerap disebut pasar subuh dari areal Pasar Keraton.

Baca: Ditemukan Banyak Kondom, Pasar Baru di Kabupaten Tapin Dijaga Orang Ini, Pedagang Enggan Pindah

Bangunan Pasar Margasari di Jalan Baringin A  Desa Beringin Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin belum ditempati.
Bangunan Pasar Margasari di Jalan Baringin A Desa Beringin Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin belum ditempati. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Setiap hari, ditempatkan petugas pengamam gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tapin bersiaga di lokasi relokasi pasar subuh di terminal tersebut.

Belum lama ini, terminal Keraton dijadikan lokasi pertemuan para komunitas sound system Kabupaten Tapin. Rencanannya, setiap tahun, komunitas pengusaha Sound System Tapin akan menggelar hiburan musik gratis bagi masyarakat untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved