Berita Tanahbumbu

Jalan Samping Gedung Kapet Belum Teralokasi DAK, Perbaikan Fokus ke Kawasan Mentewe

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanahbumbu Hernadi Wibisono menyatakan, untuk Dana Alokasi Khusus (DAK)

Jalan Samping Gedung Kapet Belum Teralokasi DAK, Perbaikan Fokus ke Kawasan Mentewe
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Warga kerab mengeluhkan jalan tembus samping Gedung Mahligai Bersujud (Kapet), terlebih saat musim kemarau ini karena berdebu. Sementara aktivitas kendaraan melintas di sana cukup tinggi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanahbumbu Hernadi Wibisono menyatakan, untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan tahun 2020, Pemkab Tanahbumbu menerima lebih kurang Rp 19 miliar.

Menurut Hernadi, alokasi dana bersumber dari Pemerintah Pusat dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) diprioritaskan untuk peningkatan jalan di wilayah Kecamatan Mentewe.

"Yang diprioritaskan kawasan perekonomian terpadu (Kapet)," jelas Hernadi kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (14/10/2019).

Baca: Muncul Penampakan Perempuan dam Harimau di Kantor Kecamatan Candi Laras Selatan, Begini Ceritanya

Baca: Ucapan Ayu Ting Ting yang Hancurkan Nama Enji Baskoro Dibongkar, Ibu Bilqis Disinggung Soal Karakter

Baca: Bernada Sindiran, Bella Saphira Ungkap Ini Usai Pencopotan Dandim Kendari Terkait Penusukan Wiranto

Memprioritaskan pekerjaan peningkatan jalan di wilayah Mentewe, karena alokasi DAK selain kawasan industri, juga meliputi jalan-jalan untuk mengambil bahan baku penggerak perekonomian seperti karet, serta bahan baku lainnya.

"Jadi yang dapat tahun ini, kami alokasikan Teluk Kepayang dan Kodeco," terang Hernadi.

Hernadi kembali menjelaskan, pengerjaan dilaksanakan dari Teluk Kepayang memutar ke Batu Harang, tembus ke wilayah industri 58 tembus ke jalan tol.

"58 adalah wilayah produksi. Persimpangan ke Batu Harang kalau menuju ke arah kabupaten HSS," jelas Hernadi.

Menyinggung kesiapan kegiatan, untuk tahun berjalan ini atau sebelum akhIr Desember dipastikan akan dilakukan lelang dini.
Awal Januari sudah ada pemenang dan dilakukan penandatanganan kontrak.

"Akhir Januari sudah mulai pekerjaan fisik. InshaAllah," tambah Hernadi kepada banjarmasinpost.co.id.

Kecuali jalan di kawasan Kapet, jalan tembus ke jalan Kodeco berada di samping gedung Mahligai Bersujud, belum teralokasikan pada DAK 2020.

Padahal beberapa warga yang tinggal dan beraktivitas di kawasan itu, berharap jalan tersebut dilakukan pengaspalan untuk mengurangi debu.

Terlebih musim kemarau ini.

"Mudahan saja PU cepat mengaspalkan. Kurang sehat, karena berdebu sekali," ujarRian salah seorang warga yang kerap nongkrong di kawasan itu.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved