Berita Tanahlaut

KPPN Pelaihari Sosialisasikan Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun

Informasi terkait ketentuan pedoman akhir tahun anggaran 2019 pada kesempatan pertama telah disampaikan melalui forum WhatsApp Group para pengelola

KPPN Pelaihari Sosialisasikan Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun
istimewa
Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-13/PB/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2019 dan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan anggaran pada akhir TA 2019, KPPN Pelaihari memandang perlu untuk segera melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan sarana tercepat dan paling efektif kepada Satker mitra kerja.

Informasi terkait ketentuan pedoman akhir tahun anggaran 2019 pada kesempatan pertama telah disampaikan melalui forum WhatsApp Group para pengelola keuangan.

Selanjutnya disampaikan melalui surat dan juga Video Conferrence melalui Aplikasi Zoom dengan para Satker.

Selanjutnya Kamis (10/10/2019) diselenggarakan Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun 2019 di Aula KPPN Pelaihari dalam dua Batch, yaitu Batch pertama pukul 08.30 sd. 11.30 dan Batch kedua siang pukul 13.30 sd 16.30.

Baca: Kabar Terbaru Janda Presiden Soekarno, Naoko Nemoto alias Ratna Sari Dewi, Cantik Diusia 79 Tahun

Baca: Perpisahan Ashanty dan Anang Diinginkan Ibu Sambung Aurel Hermansyah, Krisdayanti Malah Begini

Baca: Bernada Sindiran, Bella Saphira Ungkap Ini Usai Pencopotan Dandim Kendari Terkait Penusukan Wiranto

Dalam Sosialisasi ini mengundang dua orang Pejabat Pengelola Keuangan masing-masing Satker yaitu terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau Pejabat Penanda Tangan SPM (PPSPM) dan Bendahara Pengeluaran.

Materi yang disampaikan selain terkait pedoman pelaksanaan pengeluaran dan penerimaan pada akhir tahun anggaran 2019, juga disampaikan tentang materi pengenalan Quickwins Kementerian Keuangan Tahun 2019 antara lain: Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3), implementasi SAKTI Web, dan fasilitas konsultasi dan informasi HAI Pedia.

Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3) merupakan penyempurnaan dari MPN G2, adalah salah satu sistem yg dibangun Kemenkeu dalam rangka mengelola penerimaan negara secara jauh lebih akurat, tepat waktu, dan juga dalam rangka memberikan layanan lebih baik kepada seluruh masyarakat dalam menjalankan kewajiban membayar pajak dan kewajiban lainnya.

Salah satu keunggulan MPN G3 adalah mampu melayani penyetoran penerimaan negara hingga 1.000 transaksi per detik, meningkat signifkan dari hanya 60 transaksi per detik pada MPN G2.

Selain itu, penyetoran penerimaan negara pada MPN G3 juga dapat dilakukan melalui dompet elektronik, transfer bank, virtual account, dan kartu kredit yang dilaksanakan oleh agen penerimaan yang dikenal dengan lembaga persepsi lainnya seperti e-commerce, retailer, dan fintech.

Sedangkan SAKTI merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved