Pilkada Kalsel 2020

KPU HSS Minta Dukungan Anggaran dari Pemkab HSS, Jelang Pilgub Kalsel 2020 Hingga Pilbup 2023

KPU HSS Minta Dukungan Anggaran dari Pemkab HSS, Jelang Pilgub Kalsel 2020 Hingga Pilbup 2023

KPU HSS Minta Dukungan Anggaran dari Pemkab HSS, Jelang Pilgub Kalsel 2020 Hingga Pilbup 2023
diskominfo hss
Komisioner KPU HSS bertemu Bupati H Achmad Fikry, Senin (14/10/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hulu Sungai Selatan meminta dukungan Bupati HSS, dalam hal support anggaran daerah dalam rangka menghadapi pemilihan Gubernur Kalsel 20120 mendatang.

Termasuk dukungan untuk pemilihan bupati/wakil Bupati HSS pada 2023 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan KPU HSS saat melakukan audensi dengan Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, yang didampingi Kepala Dadan Penggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Efran, Senin (14/10/2019) di ruang kerja Bupati HSS.

Dari KPU dipimpin Ketua KPU Nida Guslaili Rahmadina, didamping dua komisioner lainnya, yaitu Syamsul Irfan dan Kamaludin serta Sekretaris KPU Muhammad Noor.

Baca: NEWSVIDEO : Penyelamat Maskot Kalsel Raih Penghargaan Internasional

Baca: Bocor Syahrini Istri Reino Barack Keluhkan Tagihan pada Aisyahrani Setelah Jadi Menantu Konglomerat?

Baca: Wanti-wanti Nikita Mirzani pada Ruben Onsu dan Sarwendah yang Angkat Betrand Peto Jadi Anak

Baca: Kondisi Rey Utami Setelah 3 Bulan di Penjara, Penampilan Istri Pablo Diungkap Pengganti Farhat Abbas

Baca: Perpisahan Ashanty dan Anang Diinginkan Ibu Sambung Aurel Hermansyah, Krisdayanti Malah Begini

Sebelumnya, Ketua KPU HSS Nida Guslaili melaporkan, 30 anggota DPRD HSS hasil Pileg 2019 telah dilantik setelah ditetapkan melalui rapat pleno di tingkat provinsi, nasional dan kabupaten dengan berbagai dinamikanya.

Pada 20 Oktober mendatang, presiden dan wakil presiden juga dilantik, sehingga seluruh tahapan pemilu 2019 pun telah selesai.

Namun, pada 2020 mendatang, kembali dilaksanakan persiapan pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Pemkab HSS atas segala dukungannya, dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada Pemilihan Umum 2019 lalu. Pemkab HSS telah memberikan dukungan atau fasilitas lainnya hingga pemilu berjalan sukses, aman, damai dan lancar,”ungkap Nida.

Terkait persiapan Pilgub Kalsel 2020, Nida menyampaikan, meski anggaran dananya disediakan Pemprov Kalsel, KPU HSS tetap meminta dukungan Pemkab HSS dan stakeholder terkait lainnya.

Dijelaskan, tahapan pilgub dimulai pada Januari 2020 mendatang, pihaknya pun siap melaksanakan seluruh tahapannya.

Nida juga menyinggung mengenai agenda pemilihan Bupati (pilbup)dan Wakil Bupati HSS 2023 mendatang. Menurutnya, ini merupakan komunikasi awal KPU dengan Pemkab HSS terkait pengalokasian anggaran Pilbup 2023.

“Seperti pengalaman sebelumnya, Pemkab HSS menyediakan alokasi anggaran di tiap tahunnya, secara bertahap tiap tahun, untuk pelaksanaan Pilkada. Menganggapi hal tersebut Bupati HSS H Achmad Fikry menyatakan, Pemkab HSS akan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan KPU menghadapi Pilgub/Wagub 2020. Menurutnya, meskipun Pilgub tidak bersamaan dengan Pilbup/Wabup, semangatnya sama yaitu harus berjalan sukses.

Berkaitan pemilihan Bupati/Wakil Bupati 2023 mendatang, Fikry menyatakan, sudah ada informasi awal mengenai besaran anggarannya. Pemkab HSS akan menghitung besaran anggaran untuk disiapkan pertahun baik melalui APBD murni maupun APBD Perubahan.

Fikry meminta, agar jajaran KPU harus benar-benar siap melaksanakan tahapan-tahapan Pilgub. Termasuk menjaga netralitas, sebagai penyelenggara Pilgub muapun Pilbub, sesuai aturan yang berlaku. Pemkab HSS saat ini terus melakukan perekaman bagi warga yang belum memilik KTP elektronik, untuk pemutakhiran data terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) di HSS.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved