Berita Batola

Besi Pengaman Jembatan Rumpiang Batola Hilang, Balai Jalan Nasioal Bikin Perjanjian Ganti RugI

Tahapan proses ganti rugi pasca fender atau tiang pengaman Jembatan Rumpiang ditabrak tongkang batu bara Selasa (24/9/19) lalu terus bergulir.

Besi Pengaman Jembatan Rumpiang Batola Hilang, Balai Jalan Nasioal Bikin Perjanjian Ganti RugI
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Jembatan Rumpiang yang membentang di atas Sungai Barito, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito. Pilar jembatan Rumpiang yang tersenggol tongkang batu bara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Tahapan proses ganti rugi pasca fender atau tiang pengaman Jembatan Rumpiang, di Kecamatan Marabahan, Kabupaten Batola hilang ditabrak tongkang batu bara Selasa (24/9/19) lalu terus bergulir.

“Iya,pernyataan dari perusahaan atau pemilik tongkang untuk perbaikan sudah ada. Nah, ini Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI dalam proses untuk perjanjian ganti rugi, segera pelaksanaan setelahnya,” kata Widya Kusumo pejabat pembuat komitmen (PPK) Provinsi Kalsel Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI, Selasa (15/10/19).

Menurut Wimo, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI dalam waktu dekat akan mengundang dan meminta bantuan tim teknis dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mencek keamanan Jembatan Rumpaing pasca fender atau tiang pengaman Jembatan Rumpiang hilang ditabrak tongkang batu bara Selasa (24/9/19) lalu.

“Iya kita akan mengundang tim teknis Kementrian PUPR untuk memastikan "kesehatan" jembatan Rumpiang. Saat fender ditabrak tongkang, pilar jembatan juga sempat tersentuh tongkang,” kata Wimo.

Baca: Wisatawan Jepang Terpesona Stasiun Riset Bekantan Pulau Curiak

Baca: Alasan Sebenarnya Artis Korea Sulli Eks F(x) Bunuh Diri, Tanda-tanda Sebelumnya Diungkap Go Hye Sun

Baca: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-23 Indonesia vs Arab Saudi, Live Streaming RCTI CFA Internasional

Baca: Sebab Utama Rey Utami & Pablo Pecat Farhat Abbas Dikulik, Seteru Hotman Paris Tak Dipercaya Lagi?

Menurut Wimo, meski beberapa kali fender tertabrak tongkang tidak masalah asal tidak menabrak pilar jembatan Rumpiang. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Batola terkait tongkang batu bara yang menabrak fender jembatan rumpiang.

“Informasi terakhir tongkang batu bara penabrak fender Jembatan Rumpian ditahan,” kata Wimo.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI, sambung Wimo, sudah menerima kedatangan dari pihak perusahaan atau pemilik penabrak tongkang dan langsung digelar rapat koordinasi.

Dalam rapat koordinasi tersebut, hadir dari pihak asuransi tongkang dan perusahaan pemilik tongkang batu bara bersedia melakukan penggantian fender dan perbaikan pilar jembatan rumpiang.

Jembatan Rumpiang yang membentang di atas Sungai Barito, Kota Marabahan, kabupaten Barito.
Jembatan Rumpiang yang membentang di atas Sungai Barito, Kota Marabahan, kabupaten Barito. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

“Pihak pemilik tongkang juga bersedia melakukan pengamanan pilar jembatan Rumpiang dari saat fender saat runtuh sampai saat selesai pekerjaan fender tersebut,” katanya.

Dipaparkannya, dari pihak perusahaan tongkang saat ini sedang dalam proses pemilihan penyedia jasa pembangunan fender.

Baca: Liga 3 Kalsel Masuki Babak Semifinal, Ini Jadwal Resminya

Baca: Sukses Puncaki Grub B, Barito Putera U-18 Ajukan Tuan Rumah Babak Delapan Besar

Baca: Nasib Tragis Bayi Tabung Denny Cagur, Istri Teman Sule & Andre Taulany Itu Sebut Soal Rasa Takut

Selama masa sejak runtuhnya fender atau tiang pengaman sampai selesai serah terima aset fender baru ke Balai Jalan Nasional itu masih tanggungjawab itu masih tanggungjawab perusahaan tongkang batu bara untuk melakukan pengamanan pilar jembatan.

“Jadi kita minta pengamanan pilar jembatan dari perusahaan tongkang batu bara yang menabrak fender. Untuk nilai kerugian fender atau tiang pengamanan Jembatan Rumpiang belum bisa kita taksir,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved