BPost Cetak

Jelang Indonesia vs Vietnam, Simon McMenemy Sebut Jadwal Pertandingan di Liga I Bermasalah

Simon memiliki alasan lain begitu besarnya tantangan menangani timnas. Jadwal pertandingan di Liga I bermasalah.

Jelang Indonesia vs Vietnam, Simon McMenemy Sebut Jadwal Pertandingan di Liga I Bermasalah
BPost Cetak
Tunggakan BPJS Kesehatan RSUD Ulin Banjarmasin hingga pertengahan Oktober 2019 sekitar Rp 82 miliar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tiga kekalahan beruntun Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia tentu menuai banyak kritik.

Terlebih, dua kekalahan Andik Vermansah cs itu terjadi saat bermain di kandang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Yakni kalah dari Malaysia 2-3 dan Thailand dengan skor telak, 0-3.

Sementara satu kekalahan lainnya saat bertandang ke Uni Emirat Arab dan dibantai 5-0 oleh tuan rumah.

Alih-alih mendapat motivasi menjelang laga menghadapi Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10) malam, kritikan pedas dan tekanan terus dituai oleh pemain maupun pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy. Namun, bagi Simon, tekanan itu sudah datang sejak dirinya menandatangani kontrak.

Baca: Festival Biliar Paman Birin Cup 2019, Dayat Kandas di Babak Ketiga, H Imus Lolos 32 Besar

Baca: Besok Live Mola TV! Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2022

Baca: Kalah Beruntun di 3 Laga, Simon McMenemy Pastikan Mental Timnas Masih Sangat Baik Saat Lawan Vietnam

“Menjadi pelatih di Indonesia tekanan sudah datang sejak hari pertama menandatangani kontrak,” kata Simon saat konferensi pers sebelum laga Indonesia vs Vietnam, Senin (14/10/2019).

“Tentu tidak mudah mewakili 250 juta penduduk Indonesia. Pasti ada tekanan. Tapi sekarang saya yang ada di sini,” jelas pelatih asal Skotlandia itu.

Selain itu, Simon memiliki alasan lain begitu besarnya tantangan menangani timnas. Jadwal pertandingan di Liga I bermasalah. “Setiap tiga hari ada laga. Ini membuat pemain kelelahan,” katanya.

Timnas Indonesia saat ini berada di juru kunci klasemen Grup G dengan nirpoin. Dari tiga laga yang sudah dijalani, pasukan Simon McMenemy itu belum meraih kemenangan sekalipun. Tak ayal, pada laga kontra Vietnam nanti, skuad Garuda menargetkan kemenangan.

Sementara itu, Vietnam belum pernah terkalahkan dari dua pertandingan. Vietnam menang atas Malaysia 1-0 di kandang dan mampu menahan imbang 0-0 Thailand dalam laga tandangnya.

“Tentu lawan Vietnam adalah tantangan yang sulit, seperti yang kami ketahui tiga pertandingan pertama kami di Kualifikasi Piala Dunia 2022 selalu berjalan dengan baik pada babak pertama, secara taktik juga sangat baik,” ucap Simon. “Tetapi ketika babak kedua mulai sudah makin susah, itu menjadi tantangan kami untuk memperbaiki,” tambahnya. Oleh karena itu mereka harus berjuang hingga akhir babak kedua.

Kendati demikian, pelatih asal Skotlandia itu masih bungkam ketika ditanya tentang strategi yang akan dipakai pada laga kontra Vietnam. “Kita lihat saja nanti,” tutur Simon.

Penyerang timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, mengakui Vietnam bukanlah lawan yang mudah. “Namun, jangan lupa, kami main home. Ini saatnya kami bangkit dan mengubah keadaan,” kata Lilipayl.

Baca: Hasil Barito Putera vs UNY & Barito Putera vs PSS U-20, Masing-masing Skor 6-0, Jelang Liga 1 2019

Baca: Khalikin Noor Berharap Keberhasilan Barito putera U-20 Bisa Menular ke Barito Putera U-18.

Dari lima pertemuan terakhir antara Indonesia vs Vietnam, kedua negara sama-sama kuat. Indonesia dan Vietnam hanya meraih satu kali kemenangan, sementara tiga lainnya berakhir imbang.

Sehari menjelang tanding, pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo, marah kepada pewarta televisi yang hadir pada sesi latihan tertutup timnya.

Pewarta yang hadir hanya boleh 15 menit meliput tim arahan Park Hang-seo tersebut berlatih. Namun ternyata Park menilai pewarta televisi melebih waktu yang ditentukan.(kompas/bolasport)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved