Berita Banjarbaru

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran ULM, Kembangkan Program ini

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat telah menyelenggarakan Program Pengembangan Kewirausahaan

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran ULM, Kembangkan Program ini
Foto dari PPK ULM Banjarbaru
pelatihan kewirausahaan PKK ULM Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat telah menyelenggarakan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) untuk mahasiswa dan alumni PSIK FK ULM.

Program Kewirausahaan yang berjudul Nursing Equipments Store (Nstore) ini adalah program pengabdian yang mendorong lahirnya wirausaha muda khususnya Ners baru yang akan hadir di masyarakat.

Lahirnya program ini didasari oleh rendahnya angka wirausaha muda keperawatan khususnya di Kalimantan Selatan dan rendahnya angka partisipasi mahasiswa dalam pengajuan proposal kewirausahaan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas) khususnya di PSIK FK ULM.

Selain itu, adanya program hibah yang didanai oleh Fakultas Kedokteran ULM tahun 2019 mendorong tim untuk mengajukan program ini.

Tim PPK ini diketuai oleh Noor Diani, Ns, M.Kep, Sp.KepMB yang merupakan Ketua Nursing Education Unit di PSIK FK ULM.

Baca: Perjanjian Pranikah Raffi Ahmad & Nagita Slavina Disinggung, Kisah Pilu Ibu Rafathar Pun Terungkap

Baca: Pesan Menohok Irfan Hakim pada Raffi Ahmad yang Kerap Marahi Nagita Slavina di Tempat Umum

Baca: Foto Ahok BTP Gendong Bayi Viral! Istri Mantan Suami Veronica Tan, Puput Nastiti Devi Melahirkan?

Tim ini beranggotakan Endang Pertiwiwati, Ns, M.Kes yang merupakan Ketua PSIK FK ULM dan Alfian Nur, Ns staf pengajar PSIK.

Dalam pelaksanaannya tim melakukan rekruitment peserta magang kewirausahaan atau tenant yang terdiri dari dua orang alumni dan dua orang mahasiswa PSIK.

Ketua Tim Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Noor Diani menjelaskan bahwa peserta magang telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan dengan sub topik yaitu strategi promosi produk, komunikasi dalam promosi produk, manajemen penjualan dan keuangan.

"Materi tersebut diberikan oleh tim dalam seminar yang berlangsung selama sehari dengan pre dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta magang terhadap materi yang diberikan," katanya, Selasa, (15/10).

Selanjutnya, peserta magang akan memulai magang di Nstore untuk mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapatkan melalui seminar kewirausahaan yang diberikan sebelumnya.

"Peserta akan secara langsung mempraktikkan promosi produk melalui media sosial instagram, dan kunjungan langsung kepada calon customers. Peserta magang juga diminta untuk membuat laporan penjualan dan laporan keuangan secara berkala," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekan Fakultas Kedokteran ULM dan Research Centre FK ULM yang telah memberikan kesempatan kepada tim melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian tahun 2019 di FK ULM untuk ambil andil dalam upaya meningkatkan peran akademik dalam melahirkan wirausaha muda.

Satu di antara peserta magang, Hasan, mengatakan dirinya mendapatkan banyak pengalaman melalui magang di Nsotore.

"Saya dilatih bagaimana mendirikan usaha mandiri, memasarkan produk yang ingin saya jual dan memanajemen keuangan. Saya berharap bisa menjadi usaha muda ketika setelah selesai pendidikan keperawatan di ULM”," harapnya.

(banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved