Berita HSS

TPA Sampah Baru di HSS Segera Beroperasi, Gunakan Sistem Baru, Diharap Dongkrak Penilaian Adipura

TPA Baru di HSS Segera Beroperasi, Gunakan Sistem Baru, Diharap Dongkrak Penilaian Adipura

TPA Sampah Baru di HSS Segera Beroperasi, Gunakan Sistem Baru, Diharap Dongkrak Penilaian Adipura
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pembangunan infrastruktur baru Tempat Pemrosesan Akhir sampah HSS, di lokasi baru Desa Malutu Kecamatan Sungai Raya Hulu Sungai Selatan. 

BANJARAMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan hampir selesai.

Pembangunan infrastruktur utamanya, terdiri landfill, instalasi pengelolaan lindi (IPL), Kantor TPA, garasi alat berat, drainase, gudang kompos dan pemilahan serta jembatan timbang dan tempat cuci mobil sudah selesai.

“Progresnya sudah mencapai 98 persen. Tinggal melengkapi fasilitas pendukung, serta tanaman penghijauan,” kata Kepala Bidang Pengelola Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup HSS, Ika Aguspiannor, yang dikonfirmasi Selasa (15/10/2019).

Adapun kapasitas TPA tersebut ditargetkan sampai tujuh tahun kedepan.

Baca: BREAKING NEWS : Sapi Milik Haziki Warga Awayan Kabupaten Balangan Tinggal Organ Dalam

Baca: Foto Ahok BTP Gendong Bayi Viral! Istri Mantan Suami Veronica Tan, Puput Nastiti Devi Melahirkan?

Baca: Nasib Tragis Bayi Tabung Denny Cagur, Istri Teman Sule & Andre Taulany Itu Sebut Soal Rasa Takut

Baca: Kabar Gembira Ammar Zoni dan Irish Bella Setelah Bayi Kembarnya Meninggal Dunia, Siap-siap Dapat Ini

Baca: Nasib Terkini Hanum, Putri Amien Rais Seusai Twit Settingan Penusukan Wiranto, Bagaimana Jerinx SID?

Disebutkan, berbeda dengan TPA lama di Desa Malutu yang telah over kapasitas, TPA baru menggunakan sistem sanitary landfill, yaitu sistem pengelolaan dan pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk di lokasi cekung, memadatkan, kemudian langsung ditimbun dengan tanah.

“Sebelumnya, menggunakan sistem control landfill, dimana sampah yang datang setiap hari diratakan dan dipadatkan dengan alat berat, hingga menjadi sebuah sel, baru ditutup,” jelasnya.

Eka berharap, TPA baru ini bakal mendongkrak nilai HSS untuk meraih Piala Adipura mendatang, yang diperkirakan penilaiannya dilaksanakan akhir Oktober hingga November 2019 mendatang.

Selain kelebihan sistem baru yang digunakan, kelebihan TPA baru yang masih di kawasan Desa Malutu Kecamatan Sungai Raya HSS, adalah lahannya yang lebih luas.

Adapun luas lahan TPA Malutu di lokasi baru mencapai 10 hektare. Dijelaskan, untuk spesifikasi TPA baru tersebut, sama saja dengan standar TPA lainnya.

Selain sebagai tempat pemrosesan akhir, TPA baru menjadi sarana edukasi dalam pengelolaan sampah. Ika menyatakan, dengan terealisasinya TPA baru, pengelolaan sampah di HSS bakal lebih baik.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved