Berita Banjarmasin

TERUNGKAP! Karena Gemar Makan di Kafe, Warga Banjarmasin Banyak Kena Hipertensi

Tim Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mengamati ada kecenderungan warga kota ini gemar makan di kafe dan kurang olahraga sehingga banyak sekali

TERUNGKAP! Karena Gemar Makan di Kafe, Warga Banjarmasin Banyak Kena Hipertensi
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Pelayanana RSUD Sultan Suriansyah Jalan Rantauan Darat, Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mengamati ada kecenderungan warga kota ini gemar makan di kafe dan kurang olahraga sehingga banyak sekali pasien yang masuk ke RSUD Sultan Suriansyah tersebut, merupakan penderita hipertensi.

“Iya penyakit tertinggi dari pasien RSUD Sultan Suriansyah itu adalah hipertensi. Warga kota ini kalau malam suka ke kafe dan kurang olahraga. Pagi harinya makan lontong, nasi kuning dan ketupat kandangan. Pola ini mempercepat munculnya hipertensi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Rabu (16/10/19).

Menurutnya, penyakit urutan kedua itu diabetes dan ketiga nfeksi di saluran pernapasan (ISPA). Dulu, penyakit pada urutan pertama itu ISPA, namun sekarang justru hipertensi. Ini menunjukkan indikator pembangunan di kota ini meningkat.

Baca: Kisah Maia Estianty Mulan Jameela dan Ahmad Dhani Akan Terulang dengan Artis Inisial A Kata Mbak You

Baca: Foto Ahok BTP Gendong Bayi Viral! Istri Mantan Suami Veronica Tan, Puput Nastiti Devi Melahirkan?

Baca: VIRAL VIDEO Tak Senonoh Anak SMPN Banjarmasin, Ada Dinding Penuh Coretan Diduga di Cempaka

Macli mengajak untuk melihat di negara maju seperti Jerman, Amerika dan Jepang. Di negara-negara tersebut penyakit hipertensi justru di urutan ke 10 karena mereka bisa membiasakan pola hidup sehat.

Penyakit hipertensi ini penyakit pola hidup. Orang Banjar itu kalau pagi itu suka nasi kuning, ketupat kadangan dan lontong.

“Ini sangat berpengaruh terhadap munculnya penyakit hipertensi. Kalau malam-malam ke kafe, sehingga cepat memunculkan penyakit hipertensi,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved