Ekonomi dan Bisnis

Jogja Mandiri Expo 2019 Resmi Dibuka, Produk UMKM Khas Jogja Dipamerkan Mulai Blankon Hingga Bakpia

Pakaian khas Jogja, lurik dan jumputan menjadi salah satu produk yang dipamerkan dalam Jogja Mandiri Expo 2019, yang bertempat di Atrium Duta Mall

Jogja Mandiri Expo 2019 Resmi Dibuka, Produk UMKM Khas Jogja Dipamerkan Mulai Blankon Hingga Bakpia
banjarmasinpost.co.id/mariana
Pameran produk UMKM Yogyakarta dalam event Jogja Mandiri Expo 2019 di Atrium Duta Mall Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pakaian khas Jogja, lurik dan jumputan menjadi salah satu produk yang dipamerkan dalam Jogja Mandiri Expo 2019, yang bertempat di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, berlangsung pada 17-20 Oktober 2019.

Perajin dan pebisnis lurik, Sukarni melalui brand Lien Collections memboyong puluhan lurik, jumputan, dan syal yang dipasarkan di Banjarmasin.

"Lurik dan jumputan kami jual di kisaran harga Rp 125.000-250.000, sedangkan syal Rp 75.000. Semua proses pembuatan ditenun secara handmade yang dikelola sepuh-sepuh, tidak melalui mesin pabrik dan ramah lingkungan," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (17/18/2019).

Mengenai harga pihaknya tidak ingin menawarkan harga terlalu tinggi, agar masyarakat Banjarmasin bisa membeli produk khas Yogyakarta secara terjangkau.

Baca: Kunjungi Pemko Yogyakarta, Pemko Banjarmasin Ingin Tiru Pengelolaan Dana Kelurahan

Baca: Citra Buruk Barbie Kumalasari di Vlog Uya Kuya & Boy William Dibayar Fantastis, Buat Raffi Terkejut

Baca: Usai Peringati Wafatnya Pangeran Antasari, Bupati HSS Serahkan Tali Asih PNS Purnatugas

Baca: 50 Smartphone Disita dari Siswa SMPN 9 Banjarmasin, Dikembalikan Saat Bagi Raport Desember 2019

Saat ini perajin tenun lurik semakin sedikit dan sudah lanjut usia, demi menciptakan regenerasi pihaknya menggalakkan pelajaran tenun ke sekolah-sekolah dasar hingga jenjang SMA.

"Untuk kebaya lurik sendiri saat ini sudah bisa dikenakan pada situasi apapun, formal maupun non formal. Milenial pun sudah banyak dan terbiasa menggunakan Lurik sebab setiap Kamis Paing diwajibkan mengenakan pakaian adat khas Jogja," ungkapnya.

Sementara itu, turut hadir pula Omah Blankon mengisi stand expo. Tersedia tutup kepala khas Yogyakarta, yakni udeng dan blankon.

"Harga udeng dipatok Rp 75.000 sedangkan blankon harganya variatif tergantung motif dan corak seharga Rp 150.000-325.000," urainya.

Pemakaian blankon sendiri menjadi hal yang wajib Kamis Paing di Kota Yogyakarta. Mulai dari anak-anak TK, tukang becak, dan seluruh lapisan masyarakat.

Selain Lien Collections dan Omah Blankon, ada pula Modest Art Ecoprint yang memasarkan produk fashion menggunakan bahan pewarna alam dan ecoprint, yakni kain dan pakaian jadi berupa outer, kemeja, dan kaos. Serta ada 32 stand lainnya tidak hanya fashion namun ada stand kuliner yakni bakpia, pernak-pernik, dan lain-lain.

Pembukaan Jogja Mandiri Expo dibuka secara langsung oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti didampingi Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah.

Pameran produk UMKM Yogyakarta dalam event Jogja Mandiri Expo 2019
Pameran produk UMKM Yogyakarta dalam event Jogja Mandiri Expo 2019 (banjarmasinpost.co.id/mariana)

Seremoni ditandai dengan pemukulan gong oleh Haryadi Suyuti disaksikan tamu undangan yang hadir dari Dekranasda Yogyakarta dan komunitas UMKM Yogyakarta peserta expo.

Sebelumnya ditampilkan tarian khas dayak dan kesenian dari Yogyakarta yang sontak langsung menghibur para pengunjung yang datang.

Baca: Jalani Sidang Tipiring di PN Banjarbaru, 6 PSK Pembatuan Dihukum 3 Bulan Masa Percobaan Setahun

Baca: Bekuk Residivis Curanmor, Anggota Polsek Banjarbaru Kepung Persembunyian Khairil

Baca: Nasib Lamborghini Syahrini Sama dengan Tas Sewaan Istri Reino Barack? Kabar Kembali Menyeruak

Dalam kesempatan ini, Hermansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap terpilihnya Banjarmasin sebagai tempat gelaran expo warga Yogyakarta.

"Suatu kehormatan bagi, dan selaku tuan rumah agar mampu menyenangkan tamu dengan mensukseskan Jogja Mandiri Expo 2019. Insya Allah tahun depan Kota Banjarmasin berencana menggelar pameran di Yogyakarta dengan melibatkan mahasiswa-mahasiswi Banjarmasin yang menempuh pendidikan di Yogyakarta," ucap Hermansyah. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved