Berita Banjar

TIm Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara Kunjungi Banjar, Ini yang Dilakukan

Tim Verifikasi Lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Tiba di Banjar

TIm Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara Kunjungi Banjar, Ini yang Dilakukan
banjarmasinpost.co.id/idda royani
PAPARANĀ - Jajaran pejabat teras terkait Pemkab Banjar mendengarkan paparan Tim Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 di Pendopo Martapura, Kamis (17/10/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sesuai jadwal, Tim Verifikasi Lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia akhirnya tiba di Kabupaten Banjar, Kamis (17/10/2019) sore.

Penyambutan Tim dari Jakarta tersebut dipimpin plt Asisten I Pemkab Banjar H Masruri didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar Drs H Aspihani MAP di Pendopo, Martapura. Suasana keakraban terlihat begitu nyata.

Di hadapan Tim, H Masruri menuturkan Kecamatan Aranio adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Banjar yang sangat banyak memiliki potensi wisata. Di antaranya destinasi wisata Matang Keladan, Alimpung Park, Pulau Rusa, Tebing Tiwingan, Mandin Atawang.

Kemudian ada juga wisata kuliner, berupa olahan ikan amplang, hasil pertanian berupa madu, asap cair/cuka kayu yang digunakan untuk membunuh hama tanaman, dan karet.

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia vs China : Skor 3-0, Siaran Langsung TVRI & Live Streaming Mola TV

Baca: Pakai Tarif Perda Tahun 2011, Periksa Dokter di RSUD Sultan Suriansyah Cuma Rp 15 Ribu

Baca: Nuti Direstui dan Didukung DPRD Kabupaten Banjar Berangkat ke Jepang

Baca: Iqbal Serahkan Berkas ke Golkar, Putra Bupati Banjar Akui Dijinkan dan Direstui Posisi Cawabup

Desa Tiwingan Lama juga mempunyai event-event tahunan yang menarik. Contohya perahu balap (katinting), lomba mancing, seni bela diri kuntau.

Melalui keberhasilan itu, Desa Tiwingan Lama telah mampu meningkatkan perekonomian desa. Ini ditandai muncul dan berkembangnya lapangan usaha baru, serta menjadikan wisata sebagai sumber pendapatan asli desa. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan kemandirian desa.

Keberhasilan Desa Tiwingan Lama, telah menyetimulasi munculnya desa desa wisata baru di seluruh desa di Kecamatan Aranio. Diharapkan dapat menularkan bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Banjar.

Pemerintah Desa Tiwingan Lama juga telah membentuk Kelompok Sadar Wisata sehingga berhasil meraih predikat 16 besar mewakili Kalimantan Selatan pada acara Apresiasi Kelompok Sadar Wisata Tingkat Nasional tahun 2019. Predikat yang diraih yakni Kelompok Sadar Wisata Kategori Berkembang.

"Alhamdulillah melalui seleksi yang panjang dan bersaing dalam penilaian Wisata Desa seluruh Indonesia, Bukit Matang Keladan yang berada di Desa Tiwingan Lama berhasil masuk nominasi Wisata Unggulan Nusantara dan akan melanjutkan ke penilaian berikutnya," sebut Bupati.

Ia berharap melalui Lomba Membangun Desa Wisata Nusantara, seluruh pemangku kepentingan dan elemen pelaku industri pariwisata dapat melihat dari sisi yang berbeda tentang desa yaitu perubahan paradigma membangun desa menjadi desa membangun.

Perubahan paradigma ini akan membuat masyarakat desa memiliki peluang besar untuk membangun desa sesuai keunggulan desanya. Salah satunya dari bidang pariwisata. Pembangunan dan pengembangan desa wisata, merupakan salah satu solusi penting dalam menekan laju urbanisasi.

Baca: Kali Pertama Maia Estianty Bicara Soal Mulan Jameela, Eks Ahmad Dhani Ucap Ini ke Eks Krisdayanti

Baca: Citra Kirana Kepergok Belanja Keperluan Rezky Aditya, Eks Agnes Mo Mulai Persiapkan Pernikahan?

Baca: Rahasia Perselingkuhan Uya Kuya dari Astrid Terungkap, Nama Siti Badriah Disebut

Pengelolaan destinasi wisata secara profesional oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan mendorong industri pariwisata di desa sebagai daya tarik investasi yang kompetitif.

"Kami mohon Tim Verifikasi Lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019 berkenan memberikan bimbingan, dan arahan bagi perbaikan dan kelemahan dalam upaya kami mewujudkan Desa Wisata Nusantara di Kabupaten Banjar," pungkas Bupati. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved