Ekonomi dan Bisnis

Okupansi Hotel Naik Saat Event Nasional, Selama September Capai 55 Persen

Tingkat hunian di Banjarmasin dan sekitarnya kerap mengalami lonjakan dengan adanya event-event nasional yang dilaksanakan sepanjang tahun 2019 ini.

Okupansi Hotel Naik Saat Event Nasional, Selama September Capai 55 Persen
banjarmasinpost.co.id/salmah
Kamar di Gsign Hotel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjelang akhir tahun, okupansi hotel di Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya Banjarmasin masih relatif normal.

Tingkat hunian di Banjarmasin dan sekitarnya kerap mengalami lonjakan dengan adanya event-event nasional yang dilaksanakan sepanjang tahun 2019 ini.

Hal tersebut dikatakan Human Resources Manager (HRM) GSign Hotel Group Hendy Purwanto kepada Banjarmasinpost.co.id, Jumat (18/10/2019).

"Adanya event nasional dalam waktu dekat ini seperti Tour De Loksado (TDL) akan berpengaruh namun tidak signifikan, sebab segmen atau pesertanya sendiri terbatas dan tidak sebanyak event-event nasional lainnya yang sudah terlaksana di Kalsel khususnya Banjarmasin," jelasnya.

Selama September 2019 okupansi di GSign sebesar 50-55 persen. Diungkapkannya, ada kenaikan sekitar 6 persen dari Agustus 2019.

Baca: Hadir di Event Snow Kingdom, Fave Hotel Banjarmasin Sajikan Aneka Race Box Ayam

Baca: Perjodohan Luna Maya & Gading Marten Terkuak! Raffi Ahmad Ucap Ini Soal Eks Gisella Anastasia

Baca: Habis Masa Berlakunya, Izin Perpanjangan 112 Unit Retail Modern di Banjarmasin Dievaluasi

Baca: Penyebab Rezky Aditya Batal Menikah dengan Patricia Razer Terungkap, Belum Ada Citra Kirana

Ditambahkannya, setiap ada event nasional selalu berpengaruh positif pada tingkat hunian di tempatnya. Terutama pada event Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Haornas serta Kalsel Expo yang digelar beberapa waktu lalu.

Pada event Harganas maupun Haornas, terdapat lonjakan cukup tinggi yakni sekitar 80-90 persen tingkat hunian terisi oleh tamu-tamu. Pada dua event ini segmentasi membidik seluruh kalangan secara umum mulai dari keluarga hingga dinas-dinas SKPD seluruh Indonesia.

"Kami tidak ada promo khusus selama Oktober-Nopember, masih dengan harga normal. Kamar yang tersedia tipe superior, deluxe, dan grand deluxe," paparnya.

Untuk harga tipe superior mulai harga Rp 450.000-500.000, tipe deluxe dibanderol Rp 550.000, serta Grand Deluxe seharga Rp 650.000. Yang menjadi favorit tamu pengunjung adalah tipe deluxe.

Sementara itu, hotel lainnya, Nasa Hotel Banjarmasin juga tidak alami kenaikan signifikan selama September 2019.

Baca: Masih Muda, Tasurun Nazirin Sudah Jadi Empu, Dikenal Ahli Bikin Benda Pusaka

Baca: Usaha Laudya Cynthia Bella Bermasalah Hingga Seret Nama Irwansyah Suami Zaskia Sungkar ke Polisi

Baca: Melalui Dongeng Kemanusiaan Tanamkan Jiwa Dermawan Sejak Dini

Dikatakakan Sales Manager Nasa Hotel, Checil Makaminan, tingkat hunian selama September relatif sediki naik dari Agustus lalu yang cukup menurun.

"Faktor turunnya okupansi di bulan Agustus, khususnya untuk pemerintahan beberapa SKPD sudah habis anggarannya. Sehingga kegiatan di hotel berkurang. Okupansi di Nasa Hotel banyak disupport dari segmen pemerintahan," tukasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved