Berita Balangan

Pondok Signal di Binuangsantang Balangan Curi Perhatian Warga, Jadi Tempat Komunikasi Via Gadget

Warga Binuangsantang begitu terbantu dengan adanya program TMMD. TNI di masa kerjanya, membangun pondok dimana terdapat sinyal internet

Pondok Signal di Binuangsantang Balangan Curi Perhatian Warga, Jadi Tempat Komunikasi Via Gadget
banjarmasinpost/isti rohayanti
Pondok signal yang dibangun TNI selama masa kerja TMMD disambut gembira warga Binuangsantang, Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sulitnya akses jaringan komunikasi via telepon genggam, membuat warga Desa Binuangsantang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan terbatas dalam menikmati tekhnologi tersebut.

Namun belakangan ini, semenjak adanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1001/Amuntai-Balangan di kawasan tersebut, masyarakat merasa terbantu.

Bagaimana tidak, dalam masa kerja TNI disana, mereka nampaknya menemukan lokasi yang jaringan komunikasi cukup kuat. Baik itu untuk telpon, maupun internet.

Ya, tempat tersebut berada di area pegunungan di pinggir jalan antardesa dari Desa Binuangsantang ke Dusun Libarusungkai.

Lokasinya merupakan satu area dataran tinggi pada jalan yang menjadi target pengerjaan jalan dari Satgas TMMD.

Baca: Akhirnya Mulan Jameela Laporkan Harta Kekayaan Saat Istri Ahmad Dhani Setelah Disentil KPK

Baca: Live TVRI! Jadwal Live Liga Inggris Pekan 9 di Mola TV, Man United vs Liverpool, Chelsea & Arsenal

Baca: Digerebek di Rumah, Pakacil Aya Kedapatan Simpan 12 Paket Sabu

Baca: LINK Live Streaming TV Online Persib vs Persebaya Liga 1 2019 di Vidio.com, Siaran Langsung Indosiar

Merasa tempat tersebut dibutuhkan oleh warga setempat, lantas, Satgas TMMD ke 106 pun membangun satu pondokan. Kemudian diberi nama sebagai pondok signal.

Keberadaan pondok signal nampaknya berhasil menarik perhatian warga setempat untuk berkumpul. Beberapa di antaranya bahkan rela jalan kaki untuk mendatangi tempat tersebut. Padahal jarak dari desa mencapai beberapa kilometer.

Warga Desa Binuangsantang, Apni memuji ide kreatif dari Satgas TMMD. Terlebih, adanya pondok signal, bisa membuat mereka lebih nyaman untuk menjalin komunikasi melalui gadget.

"Kami sangat bersyukur atas kehadiran TNI melalui TMMD ke-106 di kampung kami, kami sangat merasa terbantu," ungkapnya, nampak gembira.

Apni dan beberapa warga lainnya mulai sering datang ke pondok signal. Tak hanya warga setempat, para anggota Satgas TNI pun kerab nongkrong disana. Tak jarang, mereka nampak menjalin komunikasi, baik via chat atau vidoecall dengan orang terdekat.

Personel Satgas TMMD ke 106, Praka Imam mengatakan, ia dan anggota lainnya memang sengaja mendirikan pondok tersebut. Karena lokasinya cukup tepat untuk mencari jaringan.

Lantas, karena itu juga, Satgas TMMD memberikan nama pondok signal pada bangunan dari kayu beratap itu.

"Awalnya ini kami bangun agar bisa berkomunikasi dengan sanak keluarga setelah sehari waktu melalukan kegiatan. Tentunya tempat ini juga diperuntukan pada masyarakat umum yang handak santai dan menjalin komunikasi via gadget," ucapnya.

Baca: Jadwal Liga Spanyol TV Online Bein Sports Pekan 9, Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid Main

Baca: Tabrak Truk Puso di Jalan Trans Kalimantan Batola, Begini Kronologis Laka Tewaskan Alianoor

Baca: LINK Live Streaming Barito Putera vs Badak Lampung FC Liga 1 2019, Live TV Online Vidio.com

Keberadaan signal telekomunikasi memang dianggap sulit di daerah tersebut. Bahkan tidak ada sama sekali.

Tetapi, keberadaan pondok signal, menjadi tempat anggota satgas dan warga yang melintasi atau dengan sengaja mendatangi pondok tersebut dapat berkomunikasi dengan keluarga atau orang terdekat mereka yang ada di kejauhan. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved