Berita Banjarmasin

Satgas Bansel Baiman Beraksi di Sungai Pemurus Kompleks Banjar Indah Permai, Basmi Ilung dan Sampah

Satgas Bansel Baiman Banjarmasin melakukan aksi bersih-bersih Sungai Pemurus dan Lingkungan Fasum RT 12 Kompleks Banjar Indah Permai, Pemurus Dalam.

Satgas Bansel Baiman Beraksi di Sungai Pemurus Kompleks Banjar Indah Permai, Basmi Ilung dan Sampah
banjarmasinpost.co.id/elpianur achmad
Satgas Bansel Baiman beraksi merbersihkan ilung dan tanaman liar serta sampah di Sungai Pemurus, Kompleks Banjar Indah Permai, Banjarmasin, Jumat (18/10/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satgas Bansel Baiman Kota Banjarmasin melakukan aksi bersih-bersih Sungai Pemurus dan Lingkungan Fasum RT 12 Kompleks Banjar Indah Permai, Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin, Jumat (18/10/2019) sejak pukul 07.30 Wita.

Sebanyak 85 orang anggota Satgas bersama, anggota Koramil Banjarmasin Selatan, Polsek Banjarmasisn Selatan, ASN dan Petugas Puskesmas Keluruhan Pemurus Dalam serta warga RT 11, RT 12 dan RT 13 Kompleks Banjar Indah Permai, beraksi membersihkan tanaman eceng gondok (ilung), tumbuhan liar dan sampah yang menutupi permukaan Sungai Pemurus.

Eceng gondok dan tanaman liar yang menutupi hampir sebagian permukaan Sungai Pemurus secara bergotong-royong lalu dibersihkan dengan cara ditebas dan dipotong menggunakan parang dan celurit, kemudian diangkat ke bantaran sungai.

Baca: Sosok Pria Misterius Amankan Pelantikan Presiden Jokowi - KH Maruf Amin, Semedi di Gedung DPR!

Sebagian anggota Satgas terpaksa bercebur sungai untuk membersihkan eceng gondok yang tumbuh subur di tengah sungai sehingga menutupi jalur lalu lintas seperti jukung dan perahu kecil yang setiap hari hilir mudik.

Camat Banjarmasin Selatan M Syahrin memantau langsung aksi Satgas Bansel Baiman membersihkan eceng gondok dan sampah di Sungai Pemurus di Kompleks Banjar Indah Permai, Banjarmasin, Jumat (18/10/2019)
Camat Banjarmasin Selatan M Syahrin memantau langsung aksi Satgas Bansel Baiman membersihkan eceng gondok dan sampah di Sungai Pemurus di Kompleks Banjar Indah Permai, Banjarmasin, Jumat (18/10/2019) (banjarmasinpost.co.id/elpianur achmad)

Selain mengganggu lalu lintas Sungai Pemurus, keberadaan ilung dan tananam air juga menyebabkan terjadinya pendangkalan dan penyempitan alur sungai, sehingga aliran air sungai kurang mengalir lancar.

Camat Banjarmasin Selatan M Yusrin langsung memberikan arahan dan semangat kepada seluruh satgas untuk membabat ilung dan membersihkan lingkungan sungai Pemurus.

“Ayo Satgas Bansel semangat beraksi bersihkan lingkungan,” kata M Yusrin dari seberang sungai.

“Satgas Bansel beraksi” jawab Satgas secara serempak.

Baca: Jelang Pelantikan Presiden, Bupati Chairinsyah Ajak Jemaah Masjid At Taqwa Jaga Ketertiban

Yusrin mengatakan aksi bersih lingkungan rutin dilakukan Satgas Bansel Baiman setiap akhir pekan di setiap kelurhan di wilayah kecamatan Banjarmasin Selatan, dengan melibatkan anggota Koramil, Polsek, Puskesmas dan warga setempat.

“Pekan lalu satgas beraksi membersihkan Sungai Guring di Pemurus Baru, hari ini Sungai Pemurus, Banjar Indah. Diharapkan setelah ilung dan sampah dibersihkan sungai menjadi bersih, lebar dan aliran airnya menjadi lancar kembali,” ujarnya.

Lurah Pemurus Dalam Arliansyah memberikan sambutan sekaligus pengarahan kegiatan bersih-bersih Sungai Pemurus di Kompleks Banjar Indah Permai Banjarmasin, Jumat (18/10/2019) pagi.
Lurah Pemurus Dalam Arliansyah memberikan sambutan sekaligus pengarahan kegiatan bersih-bersih Sungai Pemurus di Kompleks Banjar Indah Permai Banjarmasin, Jumat (18/10/2019) pagi. (banjarmasinpost.co.id/elpianur achmad)
Halaman
123
Penulis: Elpianur Achmad
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved