Kasiat Tanaman Hias di Pekarangan

Sulap Daun Kemangi Jadi Lotion Antinyamuk, Begini Cara Halimatus Sa`diyah Melakukannya

Siapa sangka daun kemangi yang dikenal sebagai sayur di masakan Lalapan bisa dijadikan bahan untuk lotion dan bahan pengusir nyamuk.

Sulap Daun Kemangi Jadi Lotion Antinyamuk, Begini Cara Halimatus Sa`diyah Melakukannya
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Halimatus Sa'diyah, Siti Masitoh dan Husnul khatimah, ketiga siswi asal SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru menujukkan daun kemangi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Siapa sangka daun kemangi yang dikenal sebagai sayur di masakan Lalapan bisa dijadikan bahan untuk lotion dan bahan pengusir nyamuk.

Ditangan tiga siswi SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru ini daun kemangi itu bisa diolah. Penelitian mereka ini menarik perhatian dan kini penelitian mereka masih proses dilombakan dalam Teknologi Tepat Guna di Badan Standarisasi Industri Banjarbaru, pada September ini.

Tiga siswi yang menyusun penelitian itu yakni, Halimatus Sa'diyah, Siti Masitoh dan Husnul khatimah, yang mana ketiganya kelas XII Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di sekolah tersebut.

Siang tadi, dia mencoba mempraktikan dan membuat lotion dan alat tersebut kepada Banjarmasinpost.co.id. Hasilnya lumayan mereka bisa menciptakan lotion tersebut.

Menurut Halimatus Sa'diyah, ide awal untuk meneliti dan membuat hasil olahan kemangi itu didasari atas kejadian keseharian di rumahnya yang banyak nyamuk.

Baca: Tanaman Hias yang Tumbuh di Pekarangan Ini Ternyata Bisa Dibuat Permen Herbal

Baca: Penolakan Raffi Ahmad Saat Syahnaz Mau Tinggal Serumah dengan Suami Nagita Slavina Pasca Lahiran

Baca: LIVE STREAMING Kompas TV Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Simak Susunan Acara & Tata Caranya

"Saya jadi kepikiran untuk mengolah daun kemangi ini jadi lotion dan aromanya bisa usir nyamuk, hasilnya Alhamdulillah cukup ampuh," sebut Halimatus Sa'diyah.

Dijelaskan dia, dalam pembuatan “Alat Pengusir Nyamuk Dan Lotion Anti Nyamuk Dari Kemangi” diperlukan alat dan bahan utama “kemangi”,penghalusan kemangi, persiapan alas, pemasangan tempat kemangi “main material container”, pemasangan alat bantu “baterai/aki”,perakitan semua alat,dan metode terakhir masukkan kedalam kotak yang telah di design.

Dalam pembuatan alat pengusir nyamuk bisa bekerja dalam waktu kurang lebih 2 jam untuk memberikan aroma pengusir nyamuk dalam kapasitas ruang minimal 3×3 meter.

Sementara, untuk lotion anti nyamuk bisa bekerja lebbih lama daripada alat pengusir nyamuk, yakni mampu bekerja dengan waktu kurang lebih 7-8 jam.

"Alhamdulillah, lotion ini mampu mengusir nyamuk dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam dan membantu masyarakat dalam meminimalisir resiko penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Sejauh ini belum ada keluhan iritasi ketika dicoba ke kulit manusia," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved