Kasiat Tanaman Hias di Pekarangan

Tanaman Hias yang Tumbuh di Pekarangan Ini Ternyata Bisa Dibuat Permen Herbal

Tanaman Andong. Begitu orang menyebutnya. Tanaman ini adalah jenis tanaman obat dan hias. Tanaman yang memiliki daun merah ini mudah didapatkan

Tanaman Hias yang Tumbuh di Pekarangan Ini Ternyata Bisa Dibuat Permen Herbal
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Nur Aisyah Amaliah dan Halimatus Sa'diyah, dua siswi dari SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru, menujukkan daun Tanaman Andong yang dijadikan bahan permen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tanaman Andong. Begitu orang menyebutnya. Tanaman ini adalah jenis tanaman obat dan hias. Tanaman yang memiliki daun merah ini mudah didapatkan dan ditemukan di setiap wilayah.

Tanaman Andong terkenal akan banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi tanaman andong selain di jadikan tanam hias tanaman ini bisa di buat minuman herbal yang dapat digunakan untuk obat.

Manfaat tanaman andong adalah untuk obat berbagai penyakit seperti menghentikan pendarahan, mengatasi TBC, meredakan nyeri pada lambung. Baik untuk pencernaan, menyehatkan liver, mencegah ganggaun haid, melancarkan saluran kemih (Dalimartha, 2006).

Baca: LIVE STREAMING Kompas TV Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Simak Susunan Acara & Tata Caranya

Baca: VIRAL Guru Hukum Siswanya Makan Sampah Hanya Gara-gara Hal Sepele, Siswa Muntah Plastik dan Kertas

Baca: Penolakan Raffi Ahmad Saat Syahnaz Mau Tinggal Serumah dengan Suami Nagita Slavina Pasca Lahiran

Nah, oleh dua siswi di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru, yakni Nur Aisyah Amaliah dan Halimatus Sa'diyah, tanaman hias yang bisa dijadikan obat Herbal itu diolah menjadi bentuk permen.

"Selama ini masyarakat mengonsumsi tanaman herbal dengan cara direbus terdahulu. Maka dari itu ide inovasi ini tercipta untuk memudahkan mengonsumsi tanaman herbal yaitu dengan cara dibentuk menjadi permen," tandas Nur Aisyah Amaliah, kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (18/10/2019).

Daun Andong dijadikan permen herbal.
Daun Andong dijadikan permen herbal. (Istimewa)

Oleh karena itu, kata dia, akan sangat baik menggunakan tanaman andong ini karena mempunyai kandungan-kandungan yang berguna bagi tubuh serta untuk menarik minat para masyarakat sekitar dalam mengolah tanaman andong ini menjadi permen.

Diklaimnya, pembuatan permen andong ini tidak mengurangi manfaat bagi kesehatan, permen ini diolah untuk menarik minat para konsumen untuk mengkonsumsi permen yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Menurutnya mudah membuat permen andong ini. Yakni dengan mempersiapkan bahannya semisal, Daun Andong, Agar-agar, Gula Halus, Air. Juga diperlukan alat semisal, Blender, Sendok, Pisau, Talenan, Kompor, Tabung gas, Panci, Saringan
Baskom Kompor dan sejenisnya.

Intinya, kata dia, bahan dasar daun andong ini mudah didapatkan dan bisa diolah dan dipasarkan sehingga bisa dijadikan matapencaharian. (Banjarmasinpost.co.id /Lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved