Berita Balangan

68 Hewan di Desa Binuangsantang Divaksin Rabies, Hasil Kerja Dinas Pertanian Plus Satgas TMMD 106

Satgas TMMD Ke 106 Kodim 1001/Amuntai-Balanyan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan menggelar Penyuluhan Peternakan

68 Hewan di Desa Binuangsantang Divaksin Rabies, Hasil Kerja Dinas Pertanian Plus Satgas TMMD 106
Kodim 1001/Amuntai-Balangan
Satgas TMMD Ke 106 Kodim 1001/Amuntai-Balangan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan menggelar Penyuluhan Peternakan yang di selenggarakan di Desa Banuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Satgas TMMD Ke 106 Kodim 1001/Amuntai-Balanyan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan menggelar Penyuluhan Peternakan yang di selenggarakan di Desa Banuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Pada penyuluhan tersebut, warga diinformasikan mengenai pentingnya vaksin dan bahaya rabies pada hewan. Apalagi pada Desa Binuangsantang ditemukan cukup banyak binatang yang berpotensi rabies.

Dalam menanggulangi kemungkinan adanya bahayanya rabies pada hewan, penyuluh peternakan dari Dinas Pertanian Kabupaten Balangan pun memberikan vaksin di desa tersebut.

Sekiranya, ada kurang lebih 68 hewan peliharaan pada desa setempat yang disuntik vaksin. Hal itu untuk mencegah hewan tertular dari rabies.

Baca: Aneka Makanan & Minuman Siap Segarkan Peserta Tour De Loksado di Pitstop Martapura, Ini Jenisnya

Baca: Bukan Gantikan Wiranto, Prabowo Ternyata Diisukan Bakal Geser Sosok Kuat Ini, Najwa Shihab Desak JK

Baca: Keseriusan ASN Kaltim Ikuti Tour De Loksado 2019 Sejauh 176 Km Patut Diacungi Jempol

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, drh Dewa Ayu Putu Asrinadi menerangkan, kalau pemilik hewan penular rabies sudah saatnya memahami gejala dan cara pencegahan penyakit rabies ditengah masyarakat.

Pencegahan penularan rabies ujarnya dapat dilakukan melalui program vaksinasi rabies secara teratur. Sebagaimana penyuntikan vaksin yang telah dilakukan pascapenyuluhan tersebut.

“Ini kita lakukan dalam rangka menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat Binuangsantang. Karena rabies satu penyakit zoonosa yang ditakuti yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya,” ujar Dewa Ayu.

Sebagaimana diketahui pada Desa Binuangsantang memang terdapat cukup banyak anjing dan kucing yang juga bisa saja terkena rabies. Sehingga adanya vaksin rutin dapat mencegah bahaya rabies, baik pada hewan, maupun manusia.

Kegiatan penyuluhan yang digelar pada TMMD di Desa Binuangsantang merupakan satu dari sekian sasaran nonfisik pelaksanaan manunggal tersebut.

Disampaikan oleh Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, kegiatan penyuluhan sebagai sumber informasi yang diberikan kepada warga. Tentunya tujuannya yakni agar warga yang menjadi sasaran TMMD mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Begitupun penyuluhan dari Dinas Pertanian yang diberikan oleh Bidang Peternakan. Dimana dari pelaksanaan tersebut, masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang bahaya penyakit rabies pada ternak. Serta meningkatkan produktifitas peternak masyarakat Desa Binuangsantang.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved