Berita Tanahlaut

Anggota BNNK Tanahlaut Ngeluruk ke KPPN Pelaihari Ternyata Ini yang Dilakukan

PPN Pelaihari kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan penyusunan Laporan Keuangan untuk Satuan Kerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tanahlaut

Anggota BNNK Tanahlaut Ngeluruk ke KPPN Pelaihari Ternyata Ini yang Dilakukan
Ist/KPPN Pelaihari
BNNK Tanahlaut mengikuti pelatihan di KPPN 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - KPPN Pelaihari kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan penyusunan Laporan Keuangan untuk Satuan Kerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanahlaut.

Sebagai satuan kerja (satker) yang terhitung baru, BNNK Tanahlaut merasa perlu untuk mempelajari bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang baik. Kepala BNNK Tanahlaut, M Faisal Sidiq menyampaikan surat permintaan bimbingan dan pelatihan kepada KPPN Pelaihari untuk penyusunan laporan keuangan unit akuntansi kuasa pengguna anggaran sebagai persiapan penyusunan laporan periode triwulan III tahun 2019.

Sejalan dengan wujud pelaksanaan salah satu program inovasi Berbagi Tingkatkan Pengetahuan (Bekantan), KPPN Pelaihari menyambut baik permintaan Kepala BNNK Tanahlaut tersebut dengan menyelenggarakan kelas khusus terkait penyusunan laporan untuk pengelola keuangan BNNK Tanahlaut, di Ruang Mini Treasury Learning Center (Mini TLC) KPPN Pelaihari kemarin.

Baca: 15 Sekolah di HSS Ikuti Kemah Penegak Berprestasi VI di Bumi Perkemahan Gunung Kantauan

Narasumber dalam pelatihan tersebut digawangi oleh Tim dari Seksi Verifikasi, Akuntansi dan Kepatuhan Internal (VeraKI) yang dipimpin oleh Kepala Seksi VeraKI, Sri Agustina dan para staf yaitu Joko Prastiyo dan Putri Mardhiyah.

Materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut mulai dari dasar-dasar pemahaman akan arti penting laporan keuangan. Serta bagaimana mewujudkan laporan yang berkualitas.

"Dari itu sebelum menyusun dan menyampaikan laporan keuangan, Satker harus memastikan akurasi data yang akan disajikan melalui proses rekonsiliasi data dan menelaah atau menganalisis laporan keuangan," jelas Kepala KPPN Pelaihari Woro Triwening Renggani kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (19/10/2019).

Usai pelaksanaan kegiatan pelatihan, tampak wajah lega para peserta pelatihan yang mengaku merasa sangat tercerahkan. Diharapkan dengan pelatihan ini Satker BNNK Tanahlaut mampu menyusun laporan keuangan yang berkualitas di tiap periode pelaporan sebagai wujud pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN.

Inovasi BEKANTAN ini dirasa sangat bermanfaat bagi stakeholder KPPN Pelaihari sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan SDM yang berkompeten pada bidang keuangan, baik perencanaan, pelaksanaan anggaran, maupun pelaporan.

Baca: Pantai Batakan Penuh Sampah Kayu, dan Airnya Berwarna Hitam, Sukamta Sebut Ini Penyebabnya

Seperti yang telah dilaksanakan oleh Satker POLITALA yang tuntas melaksanakan program pembelajaran sebanyak 3 batch. Batch ke tiga dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Oktober 2019 kemarin, dengan salah satu materinya adalah Aplikasi Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL).

Selanjutnya jelas Woro diharapan inovasi BEKANTAN ini akan lebih banyak lagi dimanfaatkan oleh para stakeholder KPPN Pelaihari sehingga para pengelola keuangan di lingkup wilayah Kabupaten Tanahlaut lebih handal dan kualitas pelaksanaan anggaran akan semakin meningkat. Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved