Berita Kabupaten Banjar

Astambul Kabupaten Banjar Bersiap Gelar Pemilihan Serentak BPD dan Kades, Segini Jumlahnya

Sejumah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), saat ini mulai sibuk melakukan persiapan

Astambul Kabupaten Banjar Bersiap Gelar Pemilihan Serentak BPD dan Kades, Segini Jumlahnya
Kominfo Kabupaten Banjar
Pihak terkait di Kecamatan Astambul duduk semeja membahas persiapan pemilihan serentak anggota BPD dan pilkades. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejumah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), saat ini mulai sibuk melakukan persiapan untuk melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemilihan Kepala Desa (pilkades).

Salah satunya yakni Kecamatan Astambul. Setidaknya ada 22 desa di kecamatan ini yang akan menggelar pemilihan BPD secara serentak. Sedangkan pemilihan kepala desa akan dilakukan di 14 desa.

Camat Astambul, H Sirajuddin Ali mengingatkan para kepala desa maupun pejabat kepala desa untuk segera menyiapkan kelengkapan guna pelaksanaan pemilihan BPD.

Baca: Aneka Makanan & Minuman Siap Segarkan Peserta Tour De Loksado di Pitstop Martapura, Ini Jenisnya

Baca: Bukan Gantikan Wiranto, Prabowo Ternyata Diisukan Bakal Geser Sosok Kuat Ini, Najwa Shihab Desak JK

Baca: Postingan Penyanyi Top Mesir di Twitter Jadi Bencana, Pilot Dihukum Tak Boleh Terbang Seumur Hidup

“Saya sudah menyampaikan ke pihak desa agar teknis pelaksanaan benar-benar disesuaikan dengan petunjuk teknis (juknis) serta persyaratan calon BPD yang telah ditetapkan,” ucap Sirajuddin, Sabtu (19/10/2019).

Pesan penting tersebut juga telah ia sampaikan saat rapat koordinasi (rakor) Kecamatan Astambul di kantor kecamatan setempat, dua hari lalu. Rakor dihadiri kalangan para kepala desa di Kecamatan Astambul dan Forum Koordinasi Kecamatan Astambul.

Sirajuddin juga mengingatkan tentang persyaratan khusus mengenai keterwakilan kaum perempuan pada kepengurusan BPD. Hal ini mesti diupayakan sehingga pemberdayaan perempuan makin menguat.

Lebih lanjut ia menerangkan selain menggelar pemilihan anggota BPD di 22 desa, selanjutnya juga akan melakukan pemilihan 14 kepala desa secara serentak. Agenda ini dijadwalkan pada pertengahan tahun mendatang.

Selain tujuh desa yang masa jabatan kepala desanya telah berakhir, pada November 2019 ini akan ada empat kepala desa lagi yang akan berakhir masa jabatannya. Sementara itu tiga orang lainnya purnatugas pada Maret 2020.

Pada rakor tersebut, papar Sirajuddin, juga dibahas berbagai program kerja pemerintah yang ada di desa. Termasuk mendiskusikan berbagai hal terkait kendala dan hambatan kegiatan pembangunan di desa, serta bagaimana solusinya.

Pihaknya menginginkan agar Astambul bisa berkembang lebih maju lagi. Hal ini karena Astambul merupakan salah satu tujuan peziarah yang datang ke Kabupaten Banjar.

"Jadi kita, semua elemen yang ada di Astambul mesti menjaga kenyamanan serta kebersihan di wilayah masing-masing,” tandas Sirajuddin.

Mengenai penggunaan dana desa, Sirajuddin mengingatkan para kepala desa untuk memanfaatkannya sesuai dengan yang telah direncanakan. Jadi,, manfaatnya benar-benar dirasakan warga desa.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved