Tour De Loksado 2019

Lepas Peserta di depan Rumah Dinas, Bupati HSS Dukung Tour De Loksado Jadi Agenda Tahunan

Bupati HSS H Achmad Fikry usai melakukan pelepasan dengan mengibarkan bendera star gembira melihat antusiasme peserta dari berbagai pelosok Nusantara.

Lepas Peserta di depan Rumah Dinas, Bupati HSS Dukung Tour De Loksado Jadi Agenda Tahunan
banjarmasinpost.co.id/hanani
Bupati HSS mengibarkan bendera start peserta Tour De Loksado di depan rumah dinas Bupati, Sabtu (19/10/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peserta Tour De Loksado 2019 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kalsel bekerjasama dengan Banjarmasin Post dan Dinas Pemuda Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Hulu Sungai Selatan dilepas Bupati HSS H Achmad Fikry, didampingi Sekda HSS HM Noor, Pemred Banjarmasin Post Group Musya'fik serta jajaran Dinas Pariwisata HSS dan perwakilan unsur Forkopimda,sabtu (19/10/2019).‎

Peserta dilepas secara bertahap berdasarkan kategori peserta, antara lain peserta umum, peserta usia 40 sampai 50 tahun ke atas peserta perempuan dan kategori lainnya.

Para goweser terlihat bersemangat ingin segera menuju Loksado, setelah beristirahat sekitar satu jam untuk makan siang di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Bupati HSS H Achmad Fikry usai melakukan pelepasan dengan mengibarkan bendera star terlihat gembira melihat antusiasme peserta dari berbagai pelosok Nusantara.

Baca: Ini Kesan Goweser Cewek Tour De Loksado 2019 Asal Kaltim Melintasi Jalan Nasional di Tapin

Baca: Peserta Tour De Loksado Capai Garis Finish, Jalur Tanjakan Jadi Tantangan

Baca: Kapolres Tapin Lepas Peserta Tour De Loksado Menuju Pitstop Ketiga di Kandangan HSS

Selain dari Kalsel, peserta juga dari Jawa Tengah, Kal‎teng, Kaltim, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Jakarta, bahkan ada yang dari Merauke, serta provinsi lainnya. Menurut Fikry, baik Tour De Loksado, Terabas Jelajah Loksado maupun Festival Loksado sebagai ajang promosi wisata Kalsel umumnya dan HSS khususnya. Dengan begitu, Loksado sebagai wisata andalan HSS menjadi lebih dikenal di berbagai daerah.

Bupati HSS mengibarkan bendera start peserta Tour De Loksado di depan rumah dinas Bupati, Sabtu (19/10/2019).
Bupati HSS mengibarkan bendera start peserta Tour De Loksado di depan rumah dinas Bupati, Sabtu (19/10/2019). (banjarmasinpost.co.id/hanani)

"Ini juga ajang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dimana pencinta sepeda dari daerah lain bersilaturahmi saling mengenal saudara sebangsanya di Kalsel atau HSS,"kata Bupati.

Bupati pun menyatakan mendukung, event tersebut menjadi agenda tahunan, seperti halnya Festifal Loksado yang dilaksanakan tiap tahun menjelang HUT Kabupaten HSS. Diapun menyatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kalsel, termasuk dalam menyiapkan anggaran 2020 seperti halnya bamboo rafting dengan agenda Festival Loksado.

Bupati pun berharap, para peserta yang terkesan dengan keindahan alam Loksado mengajak kerabat teman atau keluarganya berwisata ke wilayah Pegunungan Meratus tersebut sehingga secara tak langsung menjadi sarana promosi wisata.

Bupati HSS H Ach Fikry (ketiga dari kiri), Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post Group Musyafik (kedua dari kiri) serta panitia dan kepolisian berfoto bersama peserta sebelum pelepasan ke Loksado, Sabtu (19/10/2019).
Bupati HSS H Ach Fikry (ketiga dari kiri), Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post Group Musyafik (kedua dari kiri) serta panitia dan kepolisian berfoto bersama peserta sebelum pelepasan ke Loksado, Sabtu (19/10/2019). (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Tour De Loksado sendiri berjalan lancar, dengan dukungan pengawalan aparat kepolisian, termasuk Polres HSS, tim kesehatan serta berbagai pihak lainnya yang terlibat event nasional tersebut. Para peserta pun menyatakan bersyukur, karena dianugerahi cuaca yang mendukung. Sepanjang perjalanan, diwarnai cuaca dingin dengan sedikit mendung sehingga kondisi fisikpun tetap terjaga.

Baca: Para Siswa Penyambut Peserta Tour De Loksado di Kabupaten Tapin Mengaku Senang

Baca: Tiba di Pitstop Kandangan, Peserta Tour De Loksado Langsung Disuguhi Makan Siang

Baca: Sajian Musik Khas Kalsel ini Pukau Peserta Tour De Loksado di Pitstop Martapura

"Ini pertama kali saya ikut route panjang, Alhamdulillah karena didukung cuaca ditambah gowes bareng teman-teman dan peserta lainnya, jadinya tak terasa sampai di Kandangan,"ungkap Yuni, peserta dari Banjarmasin. Diapun menyatakan puas dengan pelayanan di tiap Pit Stop, dan berharap terus dalam kondisi fit sampai tujuan. Ingin sekali menikmati alam Loksado, yang sejuk dengan air sungai yang jernih,"ungkapnya.

Peserta Tour De Loksado menginap di kawasan Wisma Amandit Desa Hulu Banyu, Muara Hatip yang merupakan tempat finish. Selanjutnya,Minggu 20 Oktober 2019, kembali ke Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved