Berita Tanahlaut

Mulai dari Glamour Camping Ini Fasilitas yang Bakal Ada di Pantai Batakan Baru Kabupaten Tanahlaut

Optimalisasi kawasan pantai, khususnya Pantai Batakan Baru ini diketahui lantaran Pantai Batakan kini belum memiliki sarana yang representative.

Mulai dari Glamour Camping Ini Fasilitas yang Bakal Ada di Pantai Batakan Baru Kabupaten Tanahlaut
HO/Humpro Tala
Pantai Batakan Baru Tanahlaut yang akan dibenahi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pemkab Tanahlaut tampaknya mulai melirik wisata pantainya. Setelah lama tak dilakukan penataan akhirnya Pemkab Tanahlaut berencana akan melakukan pembenahan di Pantai Batakan.

Namun bukan Pantai Batakan yang sering menjadi lokasi wisata kini yang juga dikenal dengan TWA Pelaihari yang dikelola oleh BKSDA Kalsel. Melainkan Pantai Batakan Baru yang berlokasi di sebelah kanan pantai Batakan lama atau TWA.

Optimalisasi kawasan pantai, khususnya Pantai Batakan Baru ini diketahui lantaran Pantai Batakan kini belum memiliki sarana yang representative. Seperti diketahui pengelolaan Pantai Batakan dilakukan bersama Pemkab Tanahlaut dengan BKSDA.

"Wisata Pantai Batakan Baru bakal menjadi kawasan obyek wisata yang mepunyai fasilitas kenyamanan dan keamanan yang baik. Hal ini sangat berdampak penting bagi perekonomian daerah dan tentunya warga masyarakat," terang Kadis Pariwisata Kabupaten Tanahlaut, Ismail Fahmi kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (19/10/2019).

Baca: Ini Kesan Goweser Cewek Tour De Loksado 2019 Asal Kaltim Melintasi Jalan Nasional di Tapin

besarnya potensi Wisata Pantai Batakan Baru sangat menjanjikan dan perlu dikembangkan lebih lanjut dan pembangunan obyek wisata ini segera direalisasikan mengingat obyek wisata lain seperti Pantai Takisung dan kolam Mina Tirta sudah digarap Dinas Parawisata, sudah mengalami banyak perubahan baik dari segi parkiran, kebersihan lingkungan maupun ketertiban pedagang disekitar kawasan obyek wisata sudah dibenahi dan terlihat indah. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar kegiatan yang dapat menarik animo wisatawan, baik itu wisatawan lokal, domestik, maupun asing.

Pantai Batakan Baru terletak di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, sekitar 125 kilometer arah selatan dari kota Banjarmasin Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Secara geografis terletak pada 405’6.375 Garis Lintang dan 114037’28 T Garis Bujur. 

Pantai Batakan Baru Tanahlaut.
Pantai Batakan Baru Tanahlaut. (HO/Humpro Tala)

Daya tarik Pantai Batakan adalah panorama matahari terbenam yang sangat indah dan dan tidak kalah menariknya dengan obyek wisata pantai lainnya. Tidak jauh dari pantai ada Pulau Datu merupakan obyek wisata religius yaitu makam datu Pamulutan, seorang ulama yang dianggap wali Allah. 

"Obyek wisata ini sudah dianggarkan dan tahun 2020 sudah digarap pembangunan fisiknya, peran serta dukungan dari semua lapisan masyarakat maupun unsur lainnya yang terkait sangatlah diharapkan demikian," ungkap Fahmi.

Baca: Belasan Remaja Terciduk Pesta Minuman Beralkohol, Dua Di Antaranya Pernah Direhab

Sementara ditambahkan Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Tanahlaut, Riva Mahrani lokasi Pantai Batakan Baru nantinya berada di lahan yang semuanya milik Pemkab Tanahlaut.

"Tahun ini kami menyusun master plan dan DED Pantai Batakan baru dengan luas lahan sekitar 10 hektare," ujarnya.

Memang target pengembangan destinasi wisata di 2020 sebut Riva akan difokuskan ke Air Terjun Bajuin dan Pantai Batakan baru.

Terkait perbedaan Pantai Batakan Baru dengan TWA yang juga disebut Pantai Batakan terang Riva nantinya fasilitas di Pantai Batakan Baru akan lebih dilengkapi.  Rencana pengembangan destinasi wisata dengan melibatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomian setempat.

"Kami akan membuka areal glamour camping (glamping) dimana pemda akan menyiapkan sarpras pendukung camping dan masyarakat yang menyediakan tendanya sekaligus sebagau pengelolanya dengan sistem kerjasama dengan pemda," terangnya.

Baca: Usai Paskibra Tabalong, Amel Kembali ke Dunia Model

Dengan itu masyarakat setempat jelas Riva merasa terlibat dalam kegiatan wisata, merasa memiliki  dan diharapkan mau menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Selain itu akan ada banyak fasilitas lainnya yang disiapkan misalnya tempat parkir khusus, gazebo,  taman bermain anak, dan fasilitas dasar objek wisata. Dengan dibuatnya Pantai Batakan Baru harapnya bisa menambah peningkatan PAD Kabupaten TanahlautBanjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved