Berita Kotabaru

PPI Kotabaru Kedatangan Kapal Purse Seine dari Jateng

Keinginan Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Gurih Dwi Yudhanto S, ST untuk meramaikan dan menghidupkan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI)

PPI Kotabaru Kedatangan Kapal Purse Seine dari Jateng
Lanal Kotabaru
Kapal Purse seine Sandar di Pelabuhan Ppi kotabaru, Jumat (18-10-19) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Keinginan Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Gurih Dwi Yudhanto S, ST untuk meramaikan dan menghidupkan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) mulai terasa.

Jumat (18/10/19) kemarin, dermaga PPI kedatangan Kapal Purse Seine dari Jawa Tengah khususnya dari Juwana untuk sandar.
Mereka sandar untuk melaksanakan kegiatan Bekal ulang logistik cair, bahan makanan dan bongkar muat dalam skala kecil serta perbaikan mesin kapal.

Danlanal Kotabaru, mengharapkan kedepan akan semakin banyak kapal purse seine yang sandar di dermaga PPI Kotabaru, untuk melakukan kegiatan bekul (bekal ulang) logistik dan bongkar muat.

Dengan begitu, secara tidak langsung akan mewujudkan cita- cita Pemda Kotabaru yang didukung oleh Lanal Kotabaru untuk meramaikan dermaga PPI Kotabaru di sektor kelautan dan perikanan sebagai penggerak roda perekonomian.

Baca: Pendaftaran CPNS 2019 Oktober 2019 ini di Portal SSCASN, ini Alur & Usulan Formasi di Kalsel-Kalteng

Baca: Aksi Tak Terduga Ruben Onsu Saat Lihat Betrand Peto Menangis Nyanyikan Lagu Duet Bareng Sarwendah

Baca: Zaskia Sungkar Buka Suara Saat Irwansyah Dilaporkan Medina Zein ke Polisi Karena Usaha Kue Laudya?

Organisasi Pedagang Ikan dan Nelayan (OPIN) Kotabaru juga menyambut baik dan ikut mendukung memajukan PPI menjadi ramai oleh kegiatan perikanan.

Dermaga PPI di Stagen ini bisa aktif kembali.

"Sebelumnya pada Rabu tanggal 16 Oktober 2019 dilaksanakan Musyawarah antara OPIN dan Nelayan Purse Seine dengan difasilitasi Lanal Kotabaru yang bertempat di Geladak KAL Kelambau. Dari hasil pertemuan itu, intinya adalah Lanal Kotabaru dan OPIN setuju dan mendukung kebijakan Pemda Kotabaru agar pelabuhan PPI dapat diaktifkan kembali," kata Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S, ST, Sabtu (19/10/19).

Lanal dan pihak terkait juga akan menjaga keamanan, sehingga kapal purse seine merasa aman dan nyaman saat sandar di Dermaga PPI Stagen Kotabaru.

Nelayan Purse seine juga menyambut baik dan mengatakan ini menarik.

Bahkan hal yang menarik adalah kedatangan kali ini menurut salah satu nahkoda, ini akan menjadi awal masuknya kapal - kapal purse seine kedepannya.

"Terkait segala mekanisme dan aturan akan diatur lebih lanjut untuk kepentingan bersama, saat ini kondisi PPI Kabupaten Kotabaru sudah memenuhi standart operasional, " katanya.

Saat ini di dermaga tersebut sudah bisa melaksanakan kegiatan yang meliputi tambat dan labuh kapal perikanan, pembongkaran hasil tangkapan, perbaikan alat tangkap, pengisian bahan perbekalan (BBM, air, es dan lain-lainnya.

(banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved