Berita Kabupaten Banjar

Suka Kisah Anak Perantauan, Yoga Bercita-cita Ingin Kuliah ke Luar Negeri

Remaja satu ini punya cita-cita belajar keluar negeri. Sebab itu ia rajin baca buku yang terkait sekolah keluar negeri, ia juga giat belajar

Suka Kisah Anak Perantauan, Yoga Bercita-cita Ingin Kuliah ke Luar Negeri
Istimewa
Muhammad Prayoga Akhyudi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Remaja satu ini punya cita-cita belajar keluar negeri. Sebab itu ia rajin baca buku yang terkait sekolah keluar negeri, ia juga giat belajar bahasa Inggris melalui ekstrakulikuler dan buku yang kompeten.

Muhammad Prayoga Akhyudi yang berstatus siswa SMKN 1 Martapura, Kabupaten Banjar, sejak kelas 5 SD sudah suka membaca yang diawali menikmati komik.

"Gemar membaca itu diawaki ketertarikan buku komik Donald Duck. Lama-kelamaan saya mulai penasaran dengan novel serta buku lainnya, dari situlah saya semakin tertarik membaca buku," ungkap Nanang Persahabatan Kabupaten Banjar 2019

Yoga menyatakan, dalam hal novel yang paling ia suka adalah membaca novel yang berkisah mengenai perantau di negeri orang.

Baca: Aneka Makanan & Minuman Siap Segarkan Peserta Tour De Loksado di Pitstop Martapura, Ini Jenisnya

Baca: Bukan Gantikan Wiranto, Prabowo Ternyata Diisukan Bakal Geser Sosok Kuat Ini, Najwa Shihab Desak JK

Baca: VIRAL VIDEO Motivator Tempeleng Siswa SMK hingga Luka di Wajah, Terungkap Fakta Korban Jadi 10 Orang

"Saya suka membaca novel tentang orang yang sedang merantau serta akhir-akhir ini suka membaca novel beasiswa keluar negeri dan pelajaran TOEFL," ungkap remaja kelahiran Martapura, 5 Juni 2002 ini.

Tak heran koleksi buku anak dari pasangan Fernawati dan Muhammad Tazwari Akhyudi, sekarang berupa novel, buku pelatihan skill TOEFL dan juga buku seputar fotografi dan videografi yang merupakan hobinya.

Mengenai hobi, Yoga memiliki minat mengkreasi foto dan video. Melalui membaca buku terkait ia mempelajari editing foto maupun video yang dipadukan dengan hobi traveling.

Dari sejumlah buku koleksi yang spesial baginya adalah buku karya John Batdorff berjudul Foto Hitam-Putih.

Selain itu ia juga suka buku karya Ario Muhammad & Fissilmi Hamida yang berjudul Notes From England. Dari judulnya, buku ini terkait perantau di luar negeri.

"Buku ini menceritakan bagaimana seseorang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk melanjutkan kuliah," papar Wakil Ketua OSIS SMKN 1 Martapura periode 2019 ini.

Buku ini juga yang sangat menginspirasinya. Ibaratnya menghubungkan mimpinya yang ingin sekali berkuliah di luar negeri.

"Saya punya rencana menempuh pendidikan di Korea Selatan ataupun di London, semoga saja ada jalan menuju cita-cita," harapnya.

Alasan Yoga kuliah di negeri orang, sudah pasti ingin menimba ilmu lebih banyak dan pula menambah wawasan pengetahuan tentang dunia luar.

Dengan kuliah di luar negeri Yoga juga ingin menginspirasi muda-mudi bangsa agar terus menuntut ilmu setinggi-tingginya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved