Berita Kalteng

KIAT Sukses Buka Lapangan Kerja Ala BI Kalteng, Gelar Seminar Diikuti 220 Mahasiswa dan Dosen

Agus, salah satu mahasiswa Universitas Palangkaraya (UPR) , Kalimantan Tengah, mengaku terinspirasi untuk membuka usaha sendiri

KIAT Sukses Buka Lapangan Kerja Ala BI Kalteng, Gelar Seminar Diikuti 220 Mahasiswa dan Dosen
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Kegiatan temu mahasiswa dan UMKM Kalteng yang sukses berusaha mengembangkan kemampuan sendiri dengan membuka lapangan kerja. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Agus, salah satu mahasiswa Universitas Palangkaraya (UPR) , Kalimantan Tengah, mengaku terinspirasi untuk membuka usaha sendiri usai tamat kuliah setelah mendapat ilmu ketika Bank Indonesia (BI) Kalteng menggelar kegiatan tentang sukses usaha mandiri UMKM Kalteng.

"Kegiatan tersebut, sangat menginspirasi, saya sebagai mahasiswa tertarik untuk membuka lapangan pekerjaan baru ketika selesai kuliah nanti, ternyata pendapatannya cukup banyak saat membuka usaha sendiri, pola pikir untuk jadi pegawai negeri menjadi nomor dua dengan adanya usaha mandiri tersebut," ujar Agus, Minggu (20/10/2019).

Bank Indonesia menginspirasi calon pelaku UMKM masa depan melalui cerita kesuksesan para pelaku dari pengusaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Papangkaraya. Kegiatan yang diprakarsai oleh Bank Indonesia tersebut, disambut baik kalangan mahasiswa dan mahasiswi kampus UPR.

Baca: Jukir Ini Tiba-tiba Tergeletak di Pinggir Jalan dengan Perut Berdarah, Tak Tahu Siapa Penusuknya

Baca: Pernikahan Luna Maya & Ariel NOAH Disebut Sosok Ini Saat Heboh Foto Wanita, Mbak You: 2019 Menikah!

Baca: Hari Ini Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Jalan Menuju MPR-DPR Ditutup dengan Kawat Berduri

Program Bank Indonesia Mengajar dilaksanakan di Aula Rahan Kampus Universitas Palangkaraya, Sabtu (19/10/2019) dengan tema Peran Bank Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor UMKM." Kegiatan diikuti 220 mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis," ujar Kepala Perwakilan Deputi BI Kalteng, Setian.

BI Mengajar kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena selain materi kebanksentralan yang diperoleh, mahasiswa juga memperoleh wawasan dari cerita sukses disampaikan oleh dua pengusaha UMKM binaan BI Kalteng, yaitu Mefs Food and Snack (kelompok pengolahan makanan berbahan dasar ikan) dan Kelompok Tani Hutan Lima Bersaudara (Kelompok tani penghasil madu).

"Dengan kisah sukses UMKM tersebut, diharapkan dapat menginspirasi para mahasiswa untuk menjadi pelaku UMKM di masa yang akan datang. Mencetak pelaku UMKM sejak dini dimulai dari bangku sekolah merupakan salah satu maksud dari kegiatan BI Mengajar kali ini," ujar Setian.

Selain itu, di era digital saat ini, pelaku UMKM juga dituntut ikut serta dalam dunia ekonomi digital. Oleh karena itu, para pelaku UMKM masa depan tersebut perlu dibekali pengetahuan tentang ekonomi digital sejak dini, diharapkan sambil kuliah atau ketika tamat kuliah mahasiswa bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Materi lain yang disampaikan oleh Bank Indonesia, tentang perkembangan ekonomi digital dan peran BI dalam mendukung ekonomi digital dan perkembangan sistem pembayaran non tunai di Indonesia, seperti GNNT, GPN dan QRIS.Kegiatan tersebut mendapat apresiasi baik dari mahasiswa.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved