Berita Banjarmasin

Mapala Meratus Gelar Temu Wicara Kenal Medan, 700 Anggota Mapala se Indonesia Datang ke KalseL

Mapala Meratus UIN Antasari menggelar temu wicara kenal medan (TWKM) yang dihadiri 700 anggota Mapala se Indonesia

Mapala Meratus Gelar Temu Wicara Kenal Medan, 700 Anggota Mapala se Indonesia Datang ke KalseL
banjarmasinpost.co.id/ghani
Ratusan anggota mapala dari sejumlah daerah di Indonesia telah sampai di Mapala Meratus UIN Antasari untuk mengikuti Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Provinsi Kalimantan Selatan terkhusus Kota Banjarmasin kembali menjadi tuan rumah pada acara tingkat nasional.

Kali ini kota Banjarmasin akan menjadi tempat lawatan sejumlah mahasiswa pecinta alam (Mapala) dari berbagai daerah di nusantara.

Lewat kegiatan berbalut  temu wicara kenal medan (TWKM),  bertindak sebagai pelaksana acara tersebut adalah Mapala Meratus UIN Antasari.

Total peserta yang berpartisipasi pada TWKM tersebut pun tidak tanggung-tanggung. Ada sekitar 500 sampai 700 peserta atau terdiri sekitar 200 organisasi kemahasiswaan pecinta alam se Indonesia akan hadir pada even nasional tersebut.

Baca: Jelang Pelantikan Jokowi-Maruf, Densus 88 Tangkap dan Borgol Terduga Makar di Bekasi

Baca: Petugas Subdit Narkoba Polda Kalsel Buru Pepep Diduga Pemilik 1,2 Kg Sabu, 475 Ineks dan 100 pil H5

Baca: Elsa Rela Jadi Bos Mafia Banjar Hingga Menjadi Incaran Polisi

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia vs China : Skor 0-1 Untuk Sementara, Ujicoba Live Streaming Mola TV

Sedangkan berdasarkan informasi panitia pelaksana, peserta terjauh yang tercatat sampai saat ini adalah berasal dari Merauke atau Tanah Papua.

Hal itu dibeberkan langsung oleh Ketua Umum Meratus UIN Antasari Banjarmasin, Fahmi Ridho saat dikonfirmasi Bpost pada Minggu (20/10/2019) tadi.

Tambahnya lagi, mengingat pelaksanaan TWKM telah akan dimulai pada Senin (21/10/2019) besok, kini peserta pun sudah berdatangan di kampus UIN Antasari Banjarmasin.

" Iya betul, untuk sementara ini peserta terjauh berasal dari Merauke. Kami juga sedang menunggu dan mengumpulkan peserta lainnya," kata Antung, sapaannya.

Ia juga menambahkan acara TWKM sendiri rencananya akan digelar selama sepekan dari Senin (21/10/2019) besok hingga Minggu (27/10/2019) mendatang.

Sejumlah peserta akan dibagi sesuai divisi yang diikutinya. Terkait kegiatan kenal medan, pihaknya akan membagi menjadi empat divisi dan lokasi.

" Misal, untuk divisi Hutan Gunung mereka akan mengikuti kegiatan di pegunungan Meratus atau puncak Halau-halau, Kabupaten HST, Susur Gua bertempat di Nateh, panjat tebing di Batu Laki, Kabupaten HSS, dan divisi Lingkungan Hidup di Pulau Curiak Kabupaten Batola, " jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan Temu Wicara atau biasa disebut TM, tambah Antung lagi peserta rencananya akan difokuskan di Kiram Park Kabupaten Banjar.

Di sana mereka akan membahas tentang isu lingkungan khususnya berkaitan dengan Save Meratus, yang sampai saat ini masih menjadi pembahasan hangat oleh pemerhati lingkungan di bumi Lambung Mangkurat.

Baca: Tangkap 2 Pria Ini, Polisi Sita Senjata Tajam dan Undangan Pelantikan Jokowi-Maruf

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia vs China : Skor 0-1 Untuk Sementara, Ujicoba Live Streaming Mola TV

" Tuk tema kenapa kami mengambil Isu #savemeratus? Karena harapan kami terutama panitia semoga dengan diadakan momentum TWKM ini, kita pun bisa menghentikan kegiatan pertambangan di Kalsel khususnya ke kawasan adat," jelasnya.

Untuk TWKM sendiri, tambah Ketua Umum Mapala Meratus UIN Antasari Banjarmasin tersebut, rencana Senin besok akan dibuka langsung oleh Rektor UIN sendiri, Prof Dr H Mujiburrahman, S.Ag., M.A. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizki abdul ghani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved