Berita Banjarbaru

Peringati Hari Santri, Sebanyak 400 Santri Pagar Nusa Lakukan Atraksi di Banjarbaru

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Banjarbaru menyelenggarakan atraksi dari ratusan santri dengan melibatkan beladiri.

Peringati Hari Santri, Sebanyak 400 Santri Pagar Nusa Lakukan Atraksi di Banjarbaru
HO/PCNU Banjarbaru
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Banjarbaru menyelenggarakan atraksi dari ratusan santri dengan melibatkan beladiri terutama dari santri dibawah asuhan NU yakni Pagar Nusa, Minggu (20/10/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Momen Hari Santri 2019 jatuh pada Selasa tanggal 22 Oktober, di Banjarbaru juga diperingati.

Untuk memperingati Hari Santri ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Banjarbaru menyelenggarakan atraksi dari ratusan santri dengan melibatkan beladiri terutama dari santri di bawah asuhan NU yakni Pagar Nusa, Minggu (20/10/2019).

Dalam atraksi santri yang tergabung di Pagar Nusa itu ada yang memecahkan kelapa dari mulutnya, ada yang memecahkan batubata, ada juga yang Antraksi menggunakan pedang alias senjata dan sejenisnya.

Atraksi tersebut dilakukan di Taman Vader Pijl Banjarbaru, Minggu (20/10/2019).

Baca: UMP Naik 8,51 Persen 2020, di Pulau Kalimantan Kalsel Paling Rendah, Berikut Daftar 34 Provinsi

Ketua PCNU Kota Banjarbaru, Muslih Amberi, menjelaskan hari santri yang ke empat. Untuk hari santri Nasionalnyaa memang tanggal 22 namun ini dalam rangkaian saja, dimana ini kami menghimpun kekuatan untuk menujukkan kepada bangsa.

"Tadi ada sekitar 400 santri yang tergabung di Pagar Nusa melakukan atraksi. Dalam Bagar Nusa ada tingkatanya ada baru ada yang tingkatan petarung.
Ada atraksi memecah kelapa dengan mulut, memecahkan bata pakai tangan," dan sejenisnya.

Sebanyak 400 Pagar Nusa itu berasal dari berbagai santri dari berbagai titik. Ada dari Pondok Wali Songo, Dari Cempaka, Landasan Ulin, Liangangang dan banyak sekali.

"Kita himpun untuk menggalang kekuatan dan saling silaturahmi antar santri," kata pria yang menjabat sebagai Ketua FKUB Kota Banjarbaru itu.

Baca: Telusuri Kasus OTT Dzulmi Eldin, KPK 13 Jam Geledah 5 Lokasi di Kota Medan dan Bawa 3 Koper Besar

Sementara itu, salah satu peserta Andis, mengaku senang ikut. "Ini baru empat tahun ada hari santri. Dan ini adalah baik untuk momentum santri menujukkan jati diri," tandas Andis.

Ya, Pada tanggal 15 Oktober 2015, Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Penetapan Hari Santri Nasional itu dinilai untuk menghargai jasa para santri yang terlibat dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved