Berita Banjarbaru

Disdik Kalsel Targetkan 75 persen Siswa Khatam Al Quran

Disdik Kalsel menggelar kegiatan Khatam Al-Qur'an untuk siswa SMK se Kalsel digelar di Asrama Haji Banjarbaru, Senin (21/10/2019).

Disdik Kalsel Targetkan 75 persen Siswa Khatam Al Quran
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Gubernur diwakili Asisten Administrasi Umum Pemprov Kalsel, Heriansyah membuka kegiatan Khatam Al-Quran untuk siswa SMK se Kalsel di Asrama Haji, Senin (21/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Guna memperkuat pembinaan karakter para pendidik dan peserta didik disuatu pendidikan, terutama karakter nilai Al-Quran, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalsel ini, melalui Bidang (Kabid) Bina SMK, menggelar kegiatan Khatam Al-Qur'an yang digelar di Asrama Haji Banjarbaru, Senin (21/10/2019).

Total ada sebanyak 260 siswa SMK se-Kalsel mengikuti kegiatan tersebut yang diselenggarakan selama lima hari kedepan.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili Asisten Administrasi Umum Pemprov Kalsel, Heriansyah, selain membuka pelaksanaan khataman itu, dia menyambut baik pelaksanaan Khatam Al Qur'an yang mana dalam acara ini sangat terasa semangat kebersamaan untuk mencintai, menghormati dan mengagungkan kesempurnaan kitab suci Al-Qur'an.

"Kiranya gema lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an selama acara Khataman ini berlangsung, akan memicu semangat generasi muda di Provinsi Kalsel untuk gemar membaca Al-Qur'an. Dari rumah-rumah umat Islam di Kalsel, semoga selalu terdengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an," kata Heriansyah.

Baca: Selir Raja Thailand Dicopot Gelarnya karena Dianggap Tak Setia dan Ingin Setara Permaisuri

Baca: Balas Tudingan Zaskia Sungkar & Irwansyah, Medina Zein Bongkar Aliran Dana Bisnis Kue Laudya

Baca: Oknum Pegawai BNI Penggelap Dana Rp 58,9 Miliar Diduga Bagian Sindikat, Begini Modusnya

Baca: Suporter Ricuh di Laga PSIM Yogyakarta vs Persis Solo Liga 2 2019, Mobil Polisi Terbalik

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Bina SMK Disdik Prov Kalsel, Syamsuri mengatakan program Khatam Al-Qur'an merupakan program pendidikan yang dilaksanakan di setiap satuan pendidikan sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah.

"Kebijakan Khatam Al-Qur'an tersebut dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Selatan tahun 2016-2021, dengan target 75 persen peserta didik khatam Al Qur'an," tandas Syamsuri.

Syamsuri menambahkan kegiatan ini dapat dilaksanakan dalam kegiatan intra maupun ekstra kulikuler, terencana dan terprogram dengan baik sesuai dengan kapasitas satuan pendidikan, terukur, dan terevaluasi oleh satuan pendidikan, kelompok kerja tingkat kabupaten/kota dan kelompok kerja tingkat provinsi pada Dinas Pendidikan dan kebudayaan Prov Kalsel.

Adapun tujuan kegiatan ini, selain dalam rangka mencapai target RPJMD, juga diharapkan dapat memperkuat pembinaan karakter para pendidik dan peserta didik terutama karakter berbasis nilai Al-Qur'an untuk membangun kekuatan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.

"Kita ingin menguatkan wawasan dan pemahaman para siswa-siswi tentang pentingnya Al-Qur'an sebagai pedoman hiduo manusia, pedoman ketaqwaan, dan pedoman alam semesta. Kita juga ingin terbentuknya pola sikap hidup islami yang disiplin, tanggung jawab, gotong royong dan berempati pada sesama," lanjutnya.

Baca: Siswa SMK Tikam Guru hingga Tewas, Tersingung Ditegur Saat Merokok di Sekolah

Baca: 160 Mapala se Indonesia Kumpul di Pelaihari, Ini yang Dilakukan

Baca: Tantangan Mulan Jameela Jadi Viral Gara-gara Suara Seksi Eks Duet Maia Estianty

Kegiatan Khatam Al-Qur'an peserta didik SMK ini diselenggarakan selama lima hari dari Senin (21/10) ini hingga Jumat (25/10) mendatang.

Turut dihadirkan sejumlah narasumber saat bimbingan teknis nantinya, seperti Pejabat Disdik Prov Kalsel dan Kelompok Mudabbir Al-Qur'an.

Jumlah peserta didik sebanyak 260 orang, terdiri dari 130 siswa laki-laki dan 130 siswa perempuan. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved