Penyanyi Mesir Masuk Ruang Kokpit Pesawat dan Pamer di Medsos, Pilot Dikenakan Sanksi ini

Seorang pilot Mesir dijatuhi sanksi larangan terbang seumur hidup setelah dinyatakan bersalah karena mengizinkan seseorang yang tidak berwenang

Penyanyi Mesir Masuk Ruang Kokpit Pesawat dan Pamer di Medsos, Pilot Dikenakan Sanksi ini
BBC / TWITTER / MOHAMED RAMADAN
Penyanyi Mesir Mohamed Ramadan mengunggah video dirinya di kokpit pilot ke akun media sosial. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Seorang pilot Mesir dijatuhi sanksi larangan terbang seumur hidup setelah dinyatakan bersalah karena mengizinkan seseorang yang tidak berwenang memasuki kokpit dan memegang kendali pesawat.

Diberitakan BBC, Kementerian Penerbangan Sipil Mesir mengatakan pilot tersebut dilarang terbang seumur hidup setelah membiarkan seorang penyanyi terkenal memasuki ruang kokpit pesawat.

Tak hanya itu, penyanyi bernama Mohamed Ramadan itu juga memegang kendali pesawat yang sedang dalam penerbangan dari Mesir menuju Riyadh, Arab Saudi.

Baca: Kesalahan Fatal Zaskia Sungkar & Irwansyah Terkait Tuduhan Penggelapan Rp 2 M, Laudya Cyntia Bella?

Baca: WOW! Cuma Setahun, Bocah Lelaki Umur 8 Tahun Ini Raup Rp 310 Miliar, Ini Kanal Ryan Kaji di YouTube

Baca: VIRAL Anak Tidur Ditemani Hantu Bayi, Sang Ibu Langsung Panik tapi Ini yang Dilakukan Ayahnya

Baca: VIDEO Mobil Baru Presiden Jokowi Ditembaki Lalu Dibom, Mercedes S Guard Bisa Padamkan Api

Ramadan mengunggah video pendek saat dia masuk ke ruang kokpit dan duduk di kursi kopilot ke media sosial.

Dalam video berdurasi 60 detik itu juga memperlihatkan saat sang penyanyi memegang tuas kendali pesawat sambil berkata,

"Saya bersumpah demi Tuhan, saya menerbangkan pesawat ini".

Akibat kejadian itu, kopilot pesawat dijatuhi sanksi diskors larangan terbang selama setahun, sementara direktur utama maskapai penerbangan mengundurkan diri dari jabatannya.

Rekaman video itu diunggah pada Minggu (13/10/2019) lalu dan mendorong Kementerian Penerbangan Sipil untuk menggelar penyelidikan.

Menurut surat kabar Egypt Independent, pemilik pesawat itu adalah sebuah maskapai penerbangan swasta, yang namanya masih dirahasiakan, dan bukan dari maskapai utama Mesir, Egypt Air.

Pihak kementerian juga menginterogasi pilot dan kopilot pesawat itu karena pelanggaran serius terhadap aturan dan instruksi penerbangan sipil Mesir, serta mendatangkan risiko besar bagi keselamatan penumpang.

Media-media lokal Mesir memberitakan insiden itu terjadis dalam penerbangan menuju Riyadh, Arab Saudi, di mana Mohamed Ramadan akan menjadi salah satu pengisi acara di festival hiburan, Riyadh Season, atas undangan otoritas kerajaan Arab Saudi.

Maskapai penerbangan utama Mesir, Egypt Air, telah membantah kejadian dalam video itu terjadi di pesawat mereka, seraya menekankan bahwa hal itu melanggar prosedur keselamatan penerbangan.

Sumber di kalangan penerbangan yang dikutip Egypt Independent mengatakan, pesawat itu termasuk golongan pesawat Cessna Citation yang melakukan perjalanan khusus menuju Riyadh.

Dalam penerbangan, Ramadan memasuki kabin dan duduk di kursi kopilot saat pesawat sedang terbang dalam keadaan autopilot.
Sumber di kalangan penerbangan menyatakan kesalahan yang dibuat oleh awak pesawat itu adalah mengizinkan Mohamed Ramadan untuk masuk ke dalam kabin pilot dan memfilmkan hal itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Izinkan Artis Masuk Kokpit dan Pegang Kendali Pesawat, Pilot Dilarang Terbang Seumur Hidup"

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved