Berita Kalteng

Warga Kalteng Rehabilitasi Bekas Lahan Karhutla Dengan Menanam Pohon Ini

Berbagai upaya dilakukan dalam melakukan rehabilitasi lahan di Kalimantan Tengah yang baru saja terbakar agar ekosistem lingkungan

Warga Kalteng Rehabilitasi Bekas Lahan Karhutla Dengan Menanam Pohon Ini
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Rehabilitasi lahan kosong dengan menanam pohin di Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Berbagai upaya dilakukan dalam melakukan rehabilitasi lahan di Kalimantan Tengah yang baru saja terbakar agar ekosistem lingkungan tetap terjaga. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon produktif pada lahan yang terbakar.

Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Kalimantan Tengah mengakibatkan banyak pohon yang rusak, ini memerlukan peran serta semua pihak agar kembali melakukan upaya penghijauan lahan dan hutan dengan menanam pohon.

Upaya, penanaman pohon dengan program penghijauan lahan dan hutan lestari di lakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalteng yang mengajak seluruh kader, simpatisan dan keluarganya untuk melakukan gerakan Keluarga Menanam Pohon pada lahan yang terbakar.

Baca: Raffi Ahmad Tuduh Orang Ini Penyebab Lamborghininya Terbakar, Suami Nagita: Itu Mobil Impian Aku!

Baca: Ingat Ajudan Ganteng Jokowi yang Pernah Viral, Masihkah Dipakai Suami Iriana saat Presiden Lagi?

Baca: Nyamar Jadi Wanita Cantik di Facebook Goda Cowok Ganteng, Siswa SMA Ini Kantongi Rp 141 Juta

Gerakan tersebut, dilakukan secara terpadu dalam lingkungan keluarga PKS di Kalteng sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, dengan melakukan penghijauan di lahan-lahan yang terbakar dengan menanam pohon yang produktif sehingga hasil nantinya bisa dinikmati.

Ketua PKS Kalteng, Heru Hidayat, Senin (21/10/2019) mengatakan, menanam pohon bisa dilakukan secara bersama keluarga untuk membangun hubungan keluarga yang peduli lingkungan juga sebagai media edukasi bagi anggota keluarga begitu pentingnya menanam pohon.

"Target awal gerakan ini dimulai akhir bulan Oktober sampai Desember 2019 dan seterusnya secara serentak bagi semua keluarga baik itu kader dan simpatisan yang ada di Kalimantan Tengah melakukan penanaman pohon baik di kawasan pemukiman maupun di perkebunan," ungkap mantan Aktivis mahasiswa ini

Mantan Anggota DPRD Kalteng ini, mengatakan, dalam satu keluarga saja minimal ada 4 orang terlibat , kemudian ada 5.000 keluarga maka akan ada minimal 20.000 pohon yang akan ditanam. "Pohon yang ditanam adalah pohon yang produktif bisa menghasilkan sehingga memiliki manfaat bagi keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, hingga Senin (21/10/2019) kondisi udara di Kalimantan Tengah terpantau baik, tidak adalagi laporan kebakaran lahan, sehingga udara Kalteng sudah terbebas dari kabut asap, apalagi dalam beberapa hari ini hujan terus mengguyur sejumlah daerah di Kalteng.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved