Berita Banjarmasin

Dana Bantuan Keuangan Untuk Parpol Tahun 2019 di Kalsel Rp 2,1 Miliar Lebih

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) realisasikan anggaran bantuan keuangan untuk Partai Politik Peserta Pemilu sebesar Rp 2,1 miliar lebih

Dana Bantuan Keuangan Untuk Parpol Tahun 2019 di Kalsel Rp 2,1 Miliar Lebih
banjarmasinpost.co.id/acm
Sosialisasi Perundang-undangan Bidang Politik Oleh Badan Kesbangpol Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) realisasikan anggaran bantuan keuangan untuk Partai Politik Peserta Pemilu sebesar Rp 2,1 miliar lebih di Tahun 2019 ini.

Dimana setiap Partai Politik Peserta Pemilu yang berhasil loloskan kadernya di Parlemen Kalsel mendapatkan bantuan dana berupa hibah sebesar Rp 1.200 per suara sah yang didapatkan.

Dimana penganggaran dana tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran Dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah.

Hal ini merupakan salah satu hal yang dibahas dalam Sosialisasi Perundang-Undangan Bidang Politik yang digelar Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel di Hotel Rodhita Banjarmasin yang dihadiri utusan Partai-Partai Politik serta Kepala Kesbangpol Kabupaten/Kota se Kalsel, Selasa (22/10/2019).

Baca: Tangan Jahil Penyebab Lamborghini Raffi Ahmad Terbakar, Suami Nagita Slavina Ungkap Kecurigaannya

Baca: Reaksi Presiden Jokowi Melihat Putranya Gibran Ditarik dan Dihalangi Paspampres Saat Mau Mendekat

Baca: Nyaris Nangis! Betrand Peto Kesal Perlakuan Ruben Onsu, Suami Sarwendah Sebut Soal Bohong

Baca: Pendaftaran CPNS 2019 untuk Formasi Lulusan SMA dan SMK via sscasn.bkn.go.id

Dijelaskan Kepala Kesbangpol Provinsi Kalsel, Adi Santoso, hal ini penting dipahami khususnya bagi para Pengurus Partai Politik dalam menggunakan dan melaporkan dana bantuan keuangan dari Pemerintah dalam hal ini khususnya dari APBD Provinsi Kalsel.

Dimana para Partai Politik penerima bantuan keuangan wajib memanfaatkan dan menyusun laporan penggunaan dana bantuan keuangan dengan baik dan dibatasi selama Tahun Anggaran (TA) 2019.

"Harus digunakan dan dilaporkan di Tahun Anggaran 2019 juga dan nanti akan dilaporkan dan diperiksa oleh BPK," kata Adi.

Menurut Adi, besaran dana bantuan keuangan untuk partai politik ini berbeda-beda di setiap masing-masing daerah.
Dimana di Kalsel, besaran dana bantuan keuangan justru lebih besar di tingkat Kabupaten/Kota dibanding tingkat Provinsi.

Dibocorkan Adi, Kota Banjarbaru menjadi daerah dengan besaran dana bantuan keuangan untuk partai politik terbesar se-Kalsel yaitu Rp 10.477 per suara sah diikuti Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tapin masing-masing Rp 10.000 per suara sah.

"Ini memang berbeda-beda besarannya sesuai kemampuan keuangan daerah," kata Adi.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved