Bumi Sanggam

Hari Santri Nasional, Bupati Balangan Umumkan Buka Beasiswa ke Mesir

Lebih dari 1.000 santri di Kabupaten Balangan mengikuti peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (22/10/2019).

Hari Santri Nasional, Bupati Balangan Umumkan Buka Beasiswa ke Mesir
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, H Ansharuddin melepas secara simbolis para santri yang ikut Pekan Olahraga Nasional saat upacara peringatan Hari Santri Nasional di halaman kantor bupati Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Lebih dari 1.000 santri di Kabupaten Balangan mengikuti peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (22/10/2019).

Mereka terdiri dari santri tingkat PAUD, Madrasah ibtidayah, Madrasah Tsanawiyah dan Mandrasah Aliyah serta pondok pesantren se Kabupaten Balangan.

Dalam peringatan Hari Santri Nasional 2019 tersebut, tema yang diusung yakni Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin dalam sambutan dari Mentri Agama Republik Indonesia yang ia bacakan, yakni berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren merupakan laboratorium perdamaian.

Dihari santri tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Balangan ini juga mengumumkan pemberian beasiswa kepada santri di Balangan yang ingin melanjutkan kuliah ke Mesir.

Jelasnya, program itu telah berjalan sejak tahun 2019.

Dimana beberapa santri yang hendak melanjutkan pendidikan sudah mendaftarkan diri mereka untuk kuliah di Mesir.

Kemudian bakal dilanjutkan pula program tersebut pada 2020 ini.

"Jadi untuk santri yang berkinginan meneruskan pendidikan ke Al Azhar atau Kairo, Pemkab Balangan siap memberikan beasiswa. Karena kami beranggapan untuk mencetak tenaga sarjana itu mudah. Tapi mencetak yang berkualitas ulama itu susah. Oleh karena kami memberikan mereka beasiswa untuk membantu biaya pendidikan di sana," ucap Ansharuddin.

Tak kalah penting ujarnya yakni adanya aturan baru yakni pondok pesantren juga setara dengan sekolah biasa.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved