Berita Kalteng

Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas, Ribuan Santri Ikuti Apel dan Kirab

Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas diwarnai dengan kirab sekitar 2000 santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Kapuas

Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas, Ribuan Santri Ikuti Apel dan Kirab
tribunkalteng.com/fadly
Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas diwarnai dengan kirab yang diikuti sekitar 2000 santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Kapuas, Selasa (22/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas diwarnai dengan kirab sekitar 2000 santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Kapuas, Selasa (22/10/2019).

Mengambil start dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muhajirin Antang di Jalan Cilik Riwut Gang Damai Kapuas dan finish di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat.

Pelaksanaan ini juga sebagai wujud sukacita dan apresiasi kepada pemerintah yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Pada pelaksanaannya, para santri itu mengenakan pakaian seragam dari masing-masing pondok pesantren dan menggunakan pernak-pernik bernuansa Islam serta membawa bendera merah putih dan lain sebagainya.

Baca: Blak-blakan Nia Daniaty Tinggalkan Farhat Abbas & ART, Berani Dukung Nikita Mirzani dan Hotman Paris

Baca: Mendadak Paula Verhoeven Ingin Jual Sejumlah Emasnya, Baim Wong Singgung Pemberian Mantan

Baca: Tak Terima Diputus Cinta Gara-gara Selingkuh, Mahasiswi Ini Diperkosa dan Dianiaya Mantan Pacar

Ribuan santri ini mengikuti kirab dengan rapi dan teratur dikawal pihak Satlantas Polres Kapuas dan Dishub Kapuas.

Kirab ini juga menyedot perhatian masyarakat yang menyaksikan dari bahu jalan atau depan rumah masing-masing.

Acara kirab ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan setelah sebelumnya dilaksanakan haul akbar yang diisi dengan tahlilan, doa bersama dan ziarah ke makam para Tokoh NU.

"Lalu acara upacara puncak peringatan Hari Santri Nasional dilanjut kirab sekitar 2000 santri hari ini," kata Ketua Panitia Pelaksana, Junaidi saat memberikan sambutan.

Setelah tiba di rumah jabatan Bupati Kapuas para santri dijamu dan juga melaksanakan dialog atau ramah tamah dengan jajaran Pemkab Kapuas serta unsur Forkopimda.

"Semua dalam hal memaknai Hari Santri Nasional yang bertemakan Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia," ungkap H Junaidi yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas.

Pada pelaksanaannya, kirab dilepas oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang sebelumnya juga jadi pembina apel. "Selamat hari santri nasional. SDM santri unggul, yang berakhlaq, berilmu dan berkarya menuju Kapuas Barokah," ungkap Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Sebelum dilaksanakan upacara dan kirab dalam peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas, Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas yang juga anggota DPR RI, Ary Egahni Ben Bahat, menyempatkan waktu memberi motivasi di hadapan ribuan santri. Sebelum dirinya melanjutkan tugas dan bertolak kembali ke Jakarta.

Turut hadir pula, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Ardiansah, Ketua PC NU yang juga Ketua MUI Kabupaten Kapuas, H Nurani Sarji, Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H Ahmad Bahruni dan sejumlah pejabat lainnya pada pelaksanaan puncak peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Al Muhajirin Antang, di Kualakapuas.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved