Berita Banjar

Kebakaran Lahan di Pal 17 Lumat Tumpukan Ban Bekas, Asap Hitam Bikin Warga Heboh

Kebakaran lahan kembali terjadi di Kilometer 17 Gambut. Kali ini, api menjalar dan membakar tumpukan ban.

Kebakaran Lahan di Pal 17 Lumat Tumpukan Ban Bekas, Asap Hitam Bikin Warga Heboh
banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Api disertai asap hitam membumbung tinggi saat kebakaran lahan merembet dan membakar tumpukan ban di Kilometer 17 Gambut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR - Sejak beberapa hari ini jajaran Kepolisian, TNI, BPBD dan Tim Gabungan dari relawan kembali harus berjibaku melakukan pemadaman kebakaran lahan di kawasan Kabupaten Gambut Kabupaten Banjar untuk mengantisipasi terus meluasnya areal lahan yang terbakar, Selasa (22/10/2019).

Karena cuaca panas angin yang berhembus cukup kencang mereka justru kewalahan ditambah titik api terbagi di beberapa kawasan.

Saat petugas gabungan melakukan penyemprotan kebakaran lahan di Jalan A Yani Km 17 untuk mengantisipasi api dan asap kebakaran lahan menjalar ketepi jalan sehingga mengganggu arus lalulintas.

Kebakaran lahan yang terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Gambut, membuat kewalahan para petugas yang jumlahnya memang terbatas, sehingga berdampak ke pemukiman penduduk seperti yang terjadi sekira pukul 12: 40 Wita di Desa Malintang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

Baca: 3 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Menggunakan Buah Pepaya, Kombinasi Madu, Cuka dan Jeruk

Baca: 58 Konsumen Honda Trio Motor Wujudkan Impian Beribadah Umrah ke Tanah Suci

Baca: Toko Alfamart di Banjarbaru Ditempel Stiker Belum Bayar Pajak, Manajemen Alfamart Bingung

Baca: Hasil Akhir Barito Putera vs PSIS Semarang : Skor Akhir 2-0, Poin 26 di Klasemen Liga 1 2019

Baca: Curi Tas di Desa Mandingin, Isinya Hanya Rp 72 Ribu, Wajah Pelaku Terekam Jelas di CCTV

Sulitnya untuk mendapatkan air karena sebagian besar anak sungai kering karena kemarau panjang beberapa mobil tanki harus mengambil air di lokasi yang sangat jauh dari lokasi kebakaran dibantu beberapa pemadam kebakaran dari BPK dari Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin kebakaran bisa dapat diatasi.

Tim gabungan kembali ke tempat semula untuk melakukan pemadaman dikawasan Jalan A Yani Km 17 beberapa titik api terlihat mobil truk tanki dan mobil patroli dari Polsek Gambut yang membawa tandon air hilir mudik membawa air.

Lagi-lagi cuaca panas dan angin cukup deras membuat kebakaran lahan merembet menjalar mengenai lahan gudang penumpukan ban bekas dampaknya tumpukan ban-ban bekas untuk mobil tronton dan alat berat terbakar menimbulkan asap hitam yang membumbung.

Tim gabungan yang asik melakukan penyemprotan dipinggir jalan langsung menuju lokasi kebakaran areal gudang penumpukan ban bekas yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Terminal Induk Km 17, Kabupaten Gambut Tim Karhutla dari Kepolisian, TNI, BPDB dan Tim gabungan berupaya memadamkan api yang membesar dengan asap hitam yang tebal agar tidak merembet.

Api disertai asap hitam membumbung tinggi saat kebakaran lahan merembet dan membakar tumpukan ban di Kilometer 17 Gambut
Api disertai asap hitam membumbung tinggi saat kebakaran lahan merembet dan membakar tumpukan ban di Kilometer 17 Gambut (banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

Dipimpin langsung Kapolsek Gambut Iptu Jenny R, secara bergantian mobil-mobil tanki yang datang membawa air untuk melakukan penyemprotan diareal pinggir kebakaran tumpukan ban bekas agar api tidak terus melebar.

Sempat membuat heboh pengendara yang melintas karena asap hitam tebal yang membumbung akhirnya kurang lebih 1 jam api dapat dikuasai oleh tim gabungan.

Baca: 7 Cara Mengupas Buah Salak dengan Mudah Tanpa Khawatir Tangan Terluka

Baca: Penyakit Aneh Nikita Mirzani Disebut Billy Syahputra Saat Bahas Uya Kuya, Mirip Marshanda & Ariel?

Baca: Detik-detik Kronologis Duel maut Yadi Dollar Lawan Suami Mantan Istri di Sungai Tabuk

Kapolsek Gambut Iptu Jenny R, mengatakan pihaknya dari Polres Banjar dan TNI serta tim gabungan dalam beberapa hari ini bekerja keras untuk bisa memadamkan titik api yang ada dikawasan Kabupaten Gambut.

"Cuaca panas dan angin yang kencang api yang membakar lahan sulit untuk diatasi seperti yang terjadi hari ini, merembet keareal penumpukan ban bekas,"ungkapnya.

Menurut impormasi ini milik Wira Motor, tapi pihaknya belum konfirmasi. "Terpenting tim bisa memadamkan dulu agar tidak melebar," tambah Iptu Jenny. (banjarmasinpost.co.id/ Aya Sugianto)

Penulis: Aya Sugianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved