Berita Kabupaten Banjar

Pembukaan Hari Santri Nasional 2019 di Banjar, Jadi Ajang Pengembangan Kompetensi Santri

PEMBUKAAN Hari Santri Nasional tahun 2019 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), berlangsung lancar dan semarak, Selasa (22/10) sore.

Pembukaan Hari Santri Nasional 2019 di Banjar, Jadi Ajang Pengembangan Kompetensi Santri
banjarmasinpost.co.id / idda royani
ANTUSIAS¬†- Kalangan santri dan masyarakat antusias menghadiri Pembukaan Hari Santri Nasional 2019 Kabupaten Banjar, Selasa (22/10/2019) sore 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - PEMBUKAAN Hari Santri Nasional tahun 2019 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), berlangsung lancar dan semarak, Selasa (22/10) sore.
Ratusan orang menyesaki lokasi acara di Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha, Martapura.

Bupati Banjar H Khalilurrahman membuka ajang religius tahunan yang dimulai sejak empat tahun lalu tersebut. Seluruh petinggi Kabupaten Banjar hadir di antaranya Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi, Dandim 1006/Mtp Letkol (arm) Siswo Budiarto dan perwakilan Forkominda lainnya.

Lalu, Kepala Kemenag Banjar H Izzudin, Ketua MUI Banjar sekaligus Ketua Rais Syuriah PC Nahdtatul Ulama (NU) Banjar KH Fadhlan Asy'ari, Ketua PC NU Nuryadi, jajaran pejabat teras Pemkab Banjar, kalangan pimpinan pondok pesantren, ulama, tokoh agama/masyarakat, dan undangan lainnya.

Kedatangan Bupati H Khalilurrahman didampingi Ketua TP PKK Banjar Hj Raudathul Wardiyah di RTH Ratu Zalecha disambut antusias masyarakat. Grup kesenian sinoman hadrah mengiringi Bupati hingga menuju tribun utama.

Baca: Duel Maut di Gudang Hirang, Polisi Kejar Pembunuh Suryadi Dollar, Parang dan Pisau Diamankan

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Bumi Barakat yang akrab disapa Guru Khalil ini mengatakan peringatan Hari Santri tak terlepas dari peran pendiri ormas Islam terbesar di Tanah Air, Nahdlatul Ulama (NU), yaitu KH Hasyim Asy’ari.

Dicetuskannya resolusi jihad 22 Oktober oleh KH Hasyim Asy'ari, sebutnya, telah membakar semangat patriotisme dan nasionalisme. Menggerakkan santri, pemuda, dan masyarakat untuk bergerak bersama berjuang melawan pasukan kolonial hingga titik darah penghabisan.

"Itu sebuah perjuangan panjang hingga puncaknya pada 10 November 1945 yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan," tandas Guru Khalil.

Berkat peran historis itulah Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015.

"Karena itu saya melihat Hari Santri Nasional memiliki arti, makna, dan filosofi yang bukan hanya diperingati secara seremonial belaka, tapi menjadi momentum untuk refleksi untuk berbenah dan terus meningkatkan kualitas santri demi kemajuan dan pembangunan bangsa," sebutnya.

Baca: Ayah Tiri di Kelumpang Hulu Kotabaru Setubuhi Anaknya Sejak 2018, Korban Juga Sering Dipukul

Melalui tema Hari Santri tahun 2019 yakni Santri Unggul Indonesia Makmur, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kompetensi para santri. Ini penting agar santri bisa memiliki peran mengisi pembangunan daerah di segala sektor.

"Sudah saatnya para santri berperan di era revolusi industri 4.0 (four point zero) saat ini untuk Indonesia maju dan makmur, untuk Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah," ucap Bupati.

Ia juga berharap para santri memiliki berbagai inovasi dan kreatif. Jadi, kelak ketika pulang atau lulus pondok pesantren dapat berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan pengembangan masyarakat.

"Ni kada, lagi sekolah kawin aja dipikirakan (ini tidak, saat sekolah kawin saja yang dipikirkan, red). Ayo lebih kreatif," tandasnya berkelakar yang sepontan disambut tawa lepas undangan.

Selain itu Bupati berharap momentum Hari Santri dapat menjadi kebangkitan santri dalam berbakti dan ikhlas mengabdi dan siap membangun, khususnya untuk Kabupaten Banjar. "Santri itu jangan dipandang remeh, santri itu hebat, banyak yang jadi orang penting. Saya ini juga santri," pungkasnya. (*/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved