Berita Banjarbaru

Peringati Hari Santri Nasional 2019, Santri Darul Ilmi Banjarbaru Turun ke Jalan Lakukan Pawai

Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan atraksi dari perwakilan santri santri dari seluruh pesantren yang ada di Kota Banjarbaru khususnya.

Peringati Hari Santri Nasional 2019, Santri Darul Ilmi Banjarbaru Turun ke Jalan Lakukan Pawai
banjarmasinpost.co.di/nurholishuda
Para Santri Darul Ilmi di Liangangang Banjabaru saat pawai merayakan Hari Santri Nasional 2019, Selasa (22/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Seluruh santri di Darul Ilmi Lianggang turun ke jalan membawa spanduk dan melakukan pawai. Bahkan sisanya ada yang dipoles seperti badut dan sejenisnya.

Ya, tidak lain itu dilakukan dalam peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Ilmi, lianganggang Banjarbaru.

Hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani.

Disampaikannya, Presiden Joko Widodo melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri.

Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "resolusi jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai hari Pahlawan.

Baca: Hasil Pemeriksaan Inspektorat Terkait SK Pemindahan ASN, Sudah Ditangan Bupati Kotabaru

Baca: Hari Santri Nasional di Kabupaten Kapuas, Ribuan Santri Ikuti Apel dan Kirab

Sejak hari santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda dan meneruskan tema tahun 2018, peringatan hari santri 2019 mengusung tema "Santri Indonesia untuk perdamaian dunia".

Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian, sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran islam rahmatanlilalamin, islam ramah dan moderat dalam beragama.

Seluruh santri di Darul Ilmi Lianggang, Banjarbaru, turun ke jalan membawa spanduk dan melakukan pawai dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional 2019.
Seluruh santri di Darul Ilmi Lianggang, Banjarbaru, turun ke jalan membawa spanduk dan melakukan pawai dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional 2019. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia.

H Nadjmi Adhani juga mengaku bersyukur karena dalam peringatan hari santri tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren.

Dengan undang-undang tentang pesantren ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat.

Dengan undang-undang ini negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya.

Baca: Coffee Morning dengan Media, Kapolres Kotabaru Sebut Peran Media Sangat Penting Jaga Kamtibmas

Baca: Gelar Razia Hotel di Banjarmasin, Satpol PP Jaring 41 Muda-mudi Bukan Suami Istri Ngamar

Dengan undang-undang ini pula tamatan pesantren memiliki hak yang sama dengan tamatan lembaga lainnya. dan dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya ucapkan "selamat hari santri 2019, santri indonesia untuk perdamaian dunia".

Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan atraksi dari perwakilan santri santri dari seluruh pesantren yang ada di Kota Banjarbaru khususnya.

Salah satu Santri, Saleh Rahman senang dengan ini santri bisa berekspresi. "Jadi banyak kegiatan kami di Momen santri ini," kata dia.

Dalam kegiatan itu di kawal penuh oleh petugas Polsek Banjarbaru Barat.
(banjarmasinpost.co.id /lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved