Kabinet Jokowi Jilid II

Susunan Kabinet Kerja Jilid II, Sambangi Istana Sri Mulyani Diminta Jokowi Jadi Menkeu Lagi

Hari ini Sri Mulyani dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana. Usai pertemuan, ia mengatakan dipilih lagi menjadi Menteri Keuangan.

Susunan Kabinet Kerja Jilid II, Sambangi Istana Sri Mulyani Diminta Jokowi Jadi Menkeu Lagi
tribunnews.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat merayakan kemerdekaan Republik Indonesia di kementerian koordinator bidang perekonomian, Jumat (17/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Jelang pengumuman kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin Jilid II, sejumlah tokoh yang disebut bakal menjadi Menteri di Kabinet Kerja Jilid II berdatangan ke istana presiden sejak Senin (21/10/2019) hingga Selasa (22/10/2019).

Hari ini Menteri Keungan Sri Mulyani menyambangi istana dan menyatakan dirinya diminta Presiden Jokowi sebagai Menteri Keuangan.

Ekonom Bank Permata Joshua Pardede mengungkapan bahwa para pelaku pasar memang tetap menginginkan Sri Mulyani tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Hari ini Sri Mulyani dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana. Usai pertemuan, ia mengatakan dipilih lagi menjadi Menteri Keuangan.

"Pasar (memang) tetep berharap Bu Sri Mulyani jadi Menteri Keuangan," ujarnya di breaking news Kompas TV, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Harapan pelaku pasar itu bukan tanpa dasar. Sebab kata Joshua, tugas seorang Menteri Keuangan sangatlah besar.

Baca: Nama-nama Menteri di Susunan Kabinet Jokowi Jilid II, Pantau Via Live Streaming Kompas TV & TVOne

Tidak hanya mengelola kebijakan fiskal negara, mengelola anggaran belanja dan penerimaan negara, namun juga terkait menjaga ekonomi global dari ancaman gejolak ekonomi global.

Kebijakan fiskal yang tepat bisa menjadi benteng ekonomi Indonesia tetap tumbuh di tengah ancaman pelemahan ekonomi global.

Tak hanya itu, seorang Menteri Keuangan juga bisa memiliki pengaruh kepada rating surat utang Indonesia. Dengan menjaga kebijakan fiskal yang terpercaya, maka rating surat utang Indonesia bisa naik.

Hal ini bisa menarik para investor untuk kian tertarik masuk ke Indonesia melalui surat utang negara.

Di sisi lain, Sri Mulyani juga dinilai cukup berhasil menjaga defisit anggaran di bawah 2 persen dari PDB.

Penulis Yoga Sukmana/Kompas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Jadi Menkeu Lagi, Sesuai Harapan Pelaku Pasar", https://money.kompas.com/read/2019/10/22/114700826/sri-mulyani-jadi-menkeu-lagi-sesuai-harapan-pelaku-pasar.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved