PT Adaro Indonesia

Tingkatkan Kualitas SDM Menuju Tabalong Smart City, PT Adaro Indonesia Latih 1000 Warga Tabalong

PT Adaro Indonesia dan PT BUMA bekerjasama dengan komunitas sociopreneur Jikamaka menggelar pelatihan yang diikuti 1000 peserta.

Tingkatkan Kualitas SDM Menuju Tabalong Smart City, PT Adaro Indonesia Latih 1000 Warga Tabalong
PT Adaro Indonesia
PT Adaro Indonesia dan PT BUMA bekerjasama dengan komunitas sociopreneur Jikamaka menggelar pelatihan yang diikuti 1000 peserta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - PT Adaro Indonesia dan PT BUMA bekerjasama dengan komunitas sociopreneur Jikamaka, turut ambil bagian dalam mewujudkan wacana Tabalong Smart City dalam bentuk pelatihan peningkatan SDM di Tabalong. 

Diikuti 1000 peserta yang memenuhi Gedung Sarabakawa Tanjung, pada Selasa (22/10), pembukaan kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta akan diberikan kursus komputer, motivasi dan pengembangan diri serta kewirausahawan selama 17 hari, guna menciptakan SDM yang mandiri dan siap kerja.

Dalam sambutannya, penggagas program Jikamaka, Awiek Widodo, menyampaikan bahwa program ini sudah berjalan sejak tahun 2013 dengan peserta awal sebanyak 750 orang.

Hingga tahun 2018, komunitas ini telah mencetak 8000 peserta untuk masyarakat Kabupaten Tabalong. Tidak lain, upaya ini demi terwujudnya Tabalong yang terdepan dan bentuk realisasi Smart City. Ia pun menyatakan, 100 alumni Jikamaka telah berhasil berwirausaha di bidang kuliner, percetakan, dll.

“Target Jikamaka akan melahirkan seratus wirausaha baru per tiga bulan, nantinya ketika mereka sudah berjalan, sesuai saran dan masukan yang ada, nanti akan ada inkubator bisnis, dan tetap akan dibimbing dari segi manajemen maupun marketing,” ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Tabalong menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Upaya merubah pola pikir masyarakat, agar mempunyai kepercayaan diri yang besar untuk menjadi wirausaha, dapat dilakukan melalui program pelatihan Jikamaka. 

“Kalau orang Tabalong mau belajar dan yakin benar mampu menjalani pasti bisa. Kegiatan ini diharapkan dapat mensinergikan Tabalong Smart City dan Jikamaka,” ujarnya.

Ia pun turut berterimakasih kepada PT Adaro Indonesia dan PT BUMA atas dukungannya dalam pelaksanaan program ini.

“Sudah saatnya dana CSR dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, maka Adaro dapat menjadi bagian untuk membuka lapangan pekerjaan di Kabupaten Tabalong,” tambahnya. 

Dalam kegiatan ini dilakukan pula penyerahan bantuan dana dari PT Adaro Indonesia sebesar Rp 40 juta rupiah, dan PT BUMA yang memberikan tujuh unit komputer dan printer. 

Menurut Leni Marlina, CSR Department Head PT Adaro Indonesia, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap pengembangan SDM di sekitar wilayah operasional. Leni menuturkan, pelatihan ini diharapkan dapat mendukung program Tabalong Smart City yang dicanangkan pemerintah daerah.

“Semoga konsep masyarakat pasca tambang yang mandiri dapat terwujud dari program ini,” pungkasnya.(aol)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved