Tips Sehat

11 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Agar Kuat Sampai Usia Tua

Sedikitnya ada 11 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Agar Kuat Sampai Usia Tua.

11 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Agar Kuat Sampai Usia Tua
shutterstock
IULSTRASI: Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Agar Kuat Sampai Usia Tua. 

Ada cara simpel untuk menjaga kesehatan tulang belakang tanpa harus keluar biaya banyak

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sedikitnya ada 11 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Agar Kuat Sampai Usia Tua. Salah satu organ vital adalah tulang punggung dan dengan bertambah usia, maka fungsi dari tulang belakang alami penurunan. Penyebab nyeri tulang belakang menurut studi dilakukan National Institute of Neurological Disorders and Stroke adalah penyakit tulang belakang. Penyebab nyeri tulang Namun, ada cara untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

Berikut Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang Belakang:

1. Menjaga kesehatan tulang belakang dengan istirahat yang cukup

Bekerja dengan posisi sama selama berjam-jam juga bisa mengakibatkan masalah tulang belakang. Menjaga kesehatan tulang belakang, ubah posisi secara rutin, pastikan menyesuaikan kursi dengan kebutuhan kenyamanan dan jangan membungkuk ke arah layar. Jangan lupa berjalan setiap 20-30 menit.

2. Cek kesehatan rutin

Cara menjaga kesehatan tulang belakang lainnya adalah dengan konsultasi rutin dengan profesional medis penting untuk membantumu mengerti posisi tidur yang tepat atau penyesuaian lain untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang belakang.

3. Makan seimbang

Terapkan pola makan seimbang untuk menjaga tulang belakang tetap kuat dan sehat dalam periode yang lebih lama juga jadi cara menjaga kesehatan tulang belakang. Jika mengalami obesitas, cobalah mengurangi lemak tubuh karena kelebihan berat badan akan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang dan menyebabkan sakit.

4. Setop kebiasaan buruk

Hindari kebiasaan-kebiasaan kurang sehat, seperti merokok, minum alkohol dan penyalahgunaan zat. Hal-hal itu akan melemahkan sistem imun yang artinya juga melemahkan tulang belakang dan tulang secara keseluruhan. Selain itu, kebiasaan tersebut juga memicu perkembangan penyakit tulang belakang degeneratif dan arthritis tulang belakang dini.

5. Tetap bergerak aktif

Sangat penting untuk kesehatan tulang belakang, tulang lainnya, jantung, dan bagian tubuh lain untuk beregerak aktif. Semakin aktif, maka semaki besar kontribusi kita terhadap kesehatan tulang belakang. Bisa berenang, pergi ke gym, jalan kaki, atau aktivitas lainnya yang bisa menjaga tubuh tetap aktif dan sehat.

6. Selalu lakukan peregangan

Fleksibilitas sangat penting ketika bicara mengenai kesehatan tulang belakang. Peregangan rutin membuat tubuh fleksibel, artinya fungsi-fungsi sendi juga akan bekerja dengan baik. Peregangan juga membantu meredakan kekakuan otot dan meningkatkan stabilitas tubuh.

7. Tidur dalam posisi yang benar

Setelah menjalani hari yang panjang, tubuh perlu relaksasi dan peremajaan untuk dapat menjalani hari esok. Kenyamanan tempat tidur dan bantal memiliki peran penting karena menjadi tempat tulang belakang beristirahat dengan nyaman. Utamakan tidur menyamping dan hindari tidur tengkurap.

8. Jangan angkat beban terlalu berat

Hindari mengangkat beban dengan berat lebih dari 25 persen berat badan kita karena akan berisiko menyebabkan cedera pada tulang belakang atau menyebabkan herniated disc. Mulailah dengan membungkuk pada lutut, bukan pinggang dan angkat beban secara perlahan. Jangan pernah mengangkat beban dengan sentakan.

9. Olahraga setiap hari

Otot punggung bagian bawah dan perut haruslah kuat, karena harus menopang tulang belakang dan membantu kita berdiri serta mengangkat objek. Olahraga rutin setiap hari seperti bridge atau pelvic tilt bisa membantu menguatkan otot-otot.

10. Menggunakan sepatu yang baik

Sepatu memang memiliki peran yang penting untuk mendukung punggung bagian bawah dan mendukung tulang belakang dengan menyediakan dukungan dasar yang kuat. Hindari menggunakan sepatu terlalu ketat atau longgar. Gunakanlah sepatu yang pas ukurannya.

11. Berhati-hati menggunakan ponsel

Menggunakan ponsel pada posisi yang salah menjadi kebiasaan tidak sehat pada banyak orang, yang berdampak pada tulang belakang. Banyak dari kita yang menggunakan ponsel dengan posisi tertentu dalam jangka waktu lama, sehingga menyebabkan rasa sakit hebat pada tulang belakang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "11 Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat hingga Tua

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved