Berita Jakarta

KPK Sebut Beberapa Menteri Jokowi Pernah Diperiksa, dari Yasonna Laoly hingga Ida Fauziah

Beberapa tokoh terlihat datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, sejak Senin (21/10/2019) hingga hari ini Selasa (22/10/2019)

KPK Sebut Beberapa Menteri Jokowi Pernah Diperiksa, dari Yasonna Laoly hingga Ida Fauziah
KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN
Salah satu orang dari kelompok massa bernama Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI berhasil merangsek masuk ke Gedung Merah Putih KPK untuk mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Beberapa tokoh terlihat datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, sejak Senin (21/10/2019) hingga hari ini Selasa (22/10/2019)

Tokoh-tokoh yang hadir tersebut diindikasikan terpilih sebagai menteri pada Kabinet Jokowi 2019.

Dari beberapa tokoh yang muncul, KPK mencatat terdapat beberapa nama menteri yang dipanggil ke Istana merupakan nama yang pernah diperiksa oleh lembaga antirasuah tersebut.

"Beberapa orang memang pernah diperiksa KPK sebagai saksi dalam sejumlah perkara terpisah. Saya kira itu juga sudah terbuka ya informasinya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan.

Baca: KLOP! Inilah 34 Nama Menteri Kabinet Baru Jilid 2, Jokowi: Mahfud MD Menko Polhukam & Prabowo Menhan

Baca: Raffi Ahmad Tuduh Orang Ini Penyebab Lamborghininya Terbakar, Suami Nagita: Itu Mobil Impian Aku!

Baca: Nama 32 Menteri di Susunan Kabinet Jokowi Jilid 2, Pengumuman Resmi Pantau Live Streaming Kompas TV

Namun, Febri tidak membeberkan secara jelas mengenai nama yang dimaksud. Ia hanya menyebut terdapat beberapa tokoh yang pernah terlibat kasus seperti kasus suap pada Ketua MK Akil Mochtar, gratifikasi pada Sekjen Kementerian ESDM, kasus suap dan gratifikasi Bupati Nganjuk dan kasus korupsi haji yang melibatkan eks Menteri Agama Suryadharma Ali.

Dari catatan Kompas.com berikut 4 nama yang menjadi menteri yang pernah diperiksa KPK:

1. Ida Fauziah


Politisi PKB Ida Fauziah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.(ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Berkemeja putih dengan bawahan hitam, Ida terlihat hadir ke Istana Kepresidenan pada Selasa (22/10/2019).

Diberitakan Kompas.com pada (18/08/2014), Ida Fauziah pernah diperiksa KPK terkait kasus Suryadharma Ali yang diduga menyalahgunakan wewenang dengan memanfaatkan dana setoran awal haji masyarakat untuk membiayai pejabat kementerian Agama dan keluarganya naik haji.

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved