Berita Banjarmasin

Lewati Seleksi Ketat, 4 Pemuda Kalsel Berngkat ke Kongres Pemuda Penggerak Bangsa Jogjakarta

Setelah melalui seleksi ketat dari ratusan peserta akhirnya terpilih empat pelajar yang akan menjadi wakil Kalimantan Selatan di ajang kongres

Lewati Seleksi Ketat, 4 Pemuda Kalsel Berngkat ke Kongres Pemuda Penggerak Bangsa Jogjakarta
Muhammad Daffa Rifat
4 Pemuda Kalsel Berngkat ke Kongres Pemuda Penggerak Bangsa Jogjakarta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah melalui seleksi ketat dari ratusan peserta akhirnya terpilih empat pelajar yang akan menjadi wakil Kalimantan Selatan di ajang kongres kepemudaan bertajuk Kongres Pemuda Penggerak Bangsa dengan tema Aksi Pemuda untuk Perdamaian di Indonesia di Rumah Budaya Tembi, Bantul, Jogjakarta, 26-30 Oktober 2019.

Mereka yang terpilih yakni Muhammad Daffa Rif'at siswa SMA negeri 1 Banjarbaru, Akhmad Fauzi siswa SMK Negeri 5 Banjarmasin, Rosanna Desvita Adelya siswi SMA Negeri 1 Banjarmasin dan Ahmad Haikal Riyadhi siswa MAN Insan Cendekia Tanahlaut.

Perwakilan Kalsel terpilih akan bergabung dengan 80 pelajar perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Kongres ini diinisiasi oleh organisasi Ayo Bergerak Indonesia, sebuah yayasan pemuda yang fokus di bidang mengajar dan mengabdi yang tersebar di 11 provinsi dan 9 kota di Indonesia.

Baca: Raffi Ahmad Tuduh Orang Ini Penyebab Lamborghininya Terbakar, Suami Nagita: Itu Mobil Impian Aku!

Baca: VIRAL FOTO Syur 2 Pejabat di Pringsewu Provinsi Lampung Beredar di WhatssApp, Sanksi yang Dijatuhkan

Baca: Daftar Nama & Prediksi Posisi Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2, Bakal Dilantik Jokowi Hari Ini!

Muhammad Daffa Rif'at mengatakan kegiatan ini bakal dilalui dengan banyak hal positif seperti ada acara studi banding ke beberapa tempat keraton budaya.

Untuk bisa lolos menjadi wakil Kalsel kata siswa kelahiran Amuntai 1 November 2003 ini digelar dengan sistem seleksi peserta dari sekolah di Kalsel.

"Kalau jumlahnya saya tidak tahu persis namun seleksi cukup ketat dan saya sendiri di kegiatan ini masuk di divisi sosial," tambah anak dari M Fitrihernadi dan Citra Evawati ini.

Ahmad Fauzi menambahkan ada enam divisi yang dalam kegiatan ini yakni divisi Agama, budaya, pendidikan, lingkungan, sosial dan kesehatan.

"Kita juga diminta membawa bekal dibawa tukaran cenderamata, lalu ada fokus group diskusi. Saya sendiri dalam diskusi nanti akan memaparkan soal melaksanakan kota layak anak," ujar Fauzi .

Sementara Rosanna Desvita yang mewakili divisi agama akan lebih banyak memaparkan soal toleransi antar umat beragama nanti.

Sedang Ahmad Haikal yang gabung di divisi seni budaya akan memperkenalkan madihin kesenian khas daerah.

Kadispora Kalsel, Drs H Hermansyah, MM yang melepas perwakilan Kalsel berpesan agar mereka lebih perhatikan diri, jaga pergaulan, membawa nama baik Kalsel.

"Tunjukkan prestasi, kalau bisa aktif dan muncul dalam setiap kesempatan. Harus pede pada setiap kesempatan, kerena sudah menjadi wakil terpilih. Eksistensi Kalsel dalam kongres Pemuda di Jogjakarta," pungkas Hermansyah.(banjarmasinpost.co.id/khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved