Berita Kabupaten Banjar

Cahaya Obor Hiasi Kota Martapura, Kirab Santri Berlangsung Sangat Meriah

Sedikitnya ratusan obor melengkapi gemerlap taburan cahaya lampu penerangan jalan di kawasan perkantoran Bupati dan sekitarnya.

Cahaya Obor Hiasi Kota Martapura, Kirab Santri Berlangsung Sangat Meriah
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SEMANGAT - Para peserta Kirab Santri 2019 Kabupaten Banjar antusias menapaki rute kirab mengelilingi perkantoran Bupati Banjar, Rabu (23/10) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak seperti biasanya, suasana Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (24/10/2019) malam, sangat semarak.

Sedikitnya ratusan obor melengkapi gemerlap taburan cahaya lampu penerangan jalan di kawasan perkantoran Bupati dan sekitarnya. Ini menyusul adanya Kirab Santri yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar yang diikuti ribuan peserta.

Kirab ini merupakan bagian dari kegiatan memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2019 tingkat Kabupaten Banjar. Pelepasan Kirab Santri dilakukan langsung oleh Bupati Kabupaten Banjar H Khalilurrahman di halaman kantor Bupati di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kota Martapura.

"Melalui peringatan Hari Santri tahun 2019, Bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Banjar, khususnya ulama dan santri untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan dan menyejukkan umat," ucap Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Baca: Besok, 5.000 Santri Kirab dan Istighosah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Orang nomor satu di Bumi Barakat yang akrab disapa Guru Khalil ini mengatakan para santri tidak hanya mengemban fungsi pendidikan. Lebih dari itu juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian kepada masyarakat.

Hal lain yang juga perlu diresapi pada momentum Hari Santri Nasional, sebut Guru Khalil, adalah semangat jihad ke-Indonesiaan para pendahulu (ulama, kiai) dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Bupati Banjar H Khalilurrahman melepas peserta Kirab Santri 2019 di halaman kantor Bupati Banjar, Rabu (23/10) malam. Kegiatan ini diikuti belasan grup kirab dari sejumlah Ponpes di Banjar.
Bupati Banjar H Khalilurrahman melepas peserta Kirab Santri 2019 di halaman kantor Bupati Banjar, Rabu (23/10) malam. Kegiatan ini diikuti belasan grup kirab dari sejumlah Ponpes di Banjar. (Banjarmasinpost.co.id/roy)

Bupati juga menyatakan pengharapannya melalui rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2019 ini, dapat membawa semangat bagi seluruh santri.

"Mudah-mudahan dengan adanya beragam kegiatan yang diikuti bisa menjadi spirit dan motivasi bagi seluruh santri, khususnya yang ada di Kabupaten Banjar," pungkasnya.

Merujuk data di Disbudpar Banjar, peserta Kirab Santri tahun ini (2019) kurang lebih sama dengan tahun lalu. "Peserta Kirab Santri tahun ini sebanyak 18 grup dari kalangan ponpes di Kabupaten Banjar. Selain itu juga ada dari grup drum band NU," sebut Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudpar Banjar, Yuana Karta Abidin.

Penampilan tiap peserta, sebutnya, dinilai oleh juri yang meliputi beberapa aspek. Grup yang tampil terbaik akan mendapatkan hadiah, mulai dari juara 1 hingga juara 3 dan juara harapan 1 hingga 3.

Dikatakannya, Kirab Santri selain untuk memeriahkan Hari Santri Nasional juga dimaksudkan untuk menguatkan syiar Islam. Sepanjang jalan yang menjadi rute kirab, peserta membaca Burdah sehingga makin menambah semangat.

Baca: Ribuan Santri TPA Se-Kabupaten Balangan Ikuti Khataman Alquran Bersama Bupati Ansharuddin

Rute kirab tak terlalu jauh yakni mengelilingi kantor Bupati. Titik kumpul (start) di halaman depan kantor Bupati hingga halaman depan kantor DPRD Banjar di kawasan Jalan A Yani. Kemudian menapaki Jalan Keraton yang terletak di sebelah kiri rumah jabatan Bupati.

MERIAH - Warga antusias menyaksikan Kirab Santri 2019, Rabu (23/10/2019) malam.
MERIAH - Warga antusias menyaksikan Kirab Santri 2019, Rabu (23/10/2019) malam. (Banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Sepanjang beberapa ratus meter, lalu belok kiri ke Jalan Mantri Empat kemudian belok kiri ke Jalan Batuah. Selanjutnya menapaki Jalan A yani dan kemudian kembali masuk ke halaman depan kantor DPRD Banjar dan kantor Bupati Banjar.

Kirab Santri tersebut mendapat animo luar biasa masyarakat Martapura. Sepanjang jalan yang dilintasi disesaki oleh warga yang ingin melihat dari dekat. Peserta kirab pun seluruhnya tampil penuh semangat.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved