Berita Banjar

Mahasiswa Banjar Ini Ramaikan Bursa BPD Bumi Barakat, Ini Tujuannya

Dalam waktu dekat pemilihan anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) dilakukan secara serentak di negeri ini, termasuk di Kabupaten Banjar

Mahasiswa Banjar Ini Ramaikan Bursa BPD Bumi Barakat, Ini Tujuannya
istimewa
BERKAS - Pamuda Simpangempat sekaligus aktivis kampus, Januas Sahib, menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai calon anggota BPD Simpangempat, Kamis (24/10/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dalam waktu dekat pemilihan anggota Badan Permusyarawatan Desa (BPD) dilakukan secara serentak di negeri ini, termasuk di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Pemilihan anggota BPD diagendakan dilakukan bulan depan (November) 2019. Di Kabupaten Banjar sebanyak 277 desa yang tersebar pada 20 kecamatan yang akan dilakukan pemilihan anggota BPD.

Sejumlah figur di perdesaan pun saat ini mulai ancang-ancang untuk turut meramaikan bursa tersebut. Tak cuma kaum tua, tapi juga kalangan muda yang berminat menjadi anggota BPD.

Antara lain figur anak muda Banjar yang ingin maju pada ajang pemilihan anggota BPD yakni Januar Sahib. Warga RT 003 Desa Simpangempat, Kecamatan Simpangempat, ini meramaikan bursa pemilihan anggota BPD setempat.

Baca: Pelaku Penganiayaan di Banjarbaru Berhasil Diamankan di Guntung Payung, Ini Kronologis Penangkapan

Baca: Urine Anggota Satpolair Polresta Banjarmasin Diperiksa, Ternyata Begini Hasilnya

Baca: Banjarbaru Optimis Bakal Kembali Raih Adipura, Ini Langkah Persiapan dari Dinas LH

Baca: Simpan Paket Sabu di Dompet, Pria Parobaya Ini Dijebloskan Sel tahanan Polsek Tapin Tengah

Bahkan aktivis Institut Agama Islam (IAI) Darussalam, Martapura, ini telah menyerahkan berkas persyaratan. "Pukul 11.00 Wita siang tadi berkas saya serahkan dan diterima oleh Sekretaris Panitia Penerimaan Calon BPD Simpangempat, Nita Amelia," sebut Januar, Kamis (24/10/2019).

Pemuda yang aktif berorganisasi ini mengatakan latar belakangnya maju menjadi calon anggota BPD karena ingin turut berkontribusi membangun desanya. Terutama dalam hal melakukan pengawalan secara langsung bantuan pemerintah kepada masyarakat.

"Jadi, nanti bantuan-bantuan dari pemerintah bisa lebih maksimal lagi dan lebih tepat sasaran, masyarakat yang benar-benar layak yang mendapatkan bantuan," tandasnya.

Januar mengatakan tekadnya maju menjadi calon anggota BPD juga berkat dukungan kedua orangtuanya. "Apabila terpilih kelak, insya Allah saya siap menjalankan fungsi dan tugas BPD sebaik mungkin sesuai Permendagri nomor 110 tahun 2016 pasal 31 dan 32," sebutnya.

Dikatakannya, pasal tersebut mengatur tentang mekanisme pembahasan rancangan peraturan desa yang mesti dilakukan bersama antara kepala desa dan BPD.

"Selain itu kelak saya juga akan menggali, menerima, mengelola, dan menyampaikan aspiras masyarakat desa," tandas Januar.

Kelak dirinya juga akan mendorong desanya menjadi desa yang kreatif dan inovatif. Lalu, memfasilitasi kegiatan pelatihan dan pembinaan sehingga ada ekonomi baru masyarakat selain dari usaha turun temurun yakni menyadap karet.

Baca: Rekonstruksi Sopir Habisi Sopir Digelar di Halaman Polres HSU, Pelaku Djerat Pembunuhan Berencana

Baca: Pamer Foto Bareng, Ashanty & Krisdayanti Tulis Soal Asuh Anak, Terkait Azriel & Aurel Hermansyah?

Baca: Pembunuh Yadi Dollar Ditangkap di Kalteng, Didor Saat Melawan dan Mencoba Kabur

"Saya juga akan mendorong pengembangan objek wisata atau ikon desa sehingga makin dikenal oleh desa tetangga atau kabupaten lainnya," pungkas Januar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar H Aspihani mengatakan siapa pun bisa mendaftar sebagai calon anggota BPD asal memenuhi persyaratan. Diharapkan akhir tahun ini telah dilantik sehingga tahun depan (2020) bisa segera dilanjutkan pemilihan kepala desa serentak. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved