Bumi Selidah

Gerakan Nasional Pemulihan DAS di Batola, 1.500 Trembesi Ditanam di Batik

Penanaman serentak se-Kalimantan Selatan (se-Kalsel) dan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai(GNPDAS) Tahun 2019 di Batola

Gerakan Nasional Pemulihan DAS di Batola, 1.500 Trembesi Ditanam di Batik
Humas Pemkab Batola
Bupati Batola Hj Normiliyani AS menyerahkan bibit saat Penanaman serentak se-Kalimantan Selatan (se-Kalsel) dan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2019 di Batola 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Penanaman serentak se-Kalimantan Selatan (se-Kalsel) dan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2019 telah dilaksanakan Jumat (25/10/2019).

Di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kick Off Penanaman Serentak dan Peringatan GNPDAS ini dilaksanakan di Desa Batik RT 02 Kecamatan Bakumpai.

Kawasan yang berada di pinggiran sungai ini di kiri dan kanan jalannya ditanami 1.500 pohon trembesi.

Acara dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Pj Sekda H Abdul Manaf, para anggota forkopimda, para pimpinan SKPD, para relawan, anggota pramuka dan berbagai lapisan masyarakat.

Sedangkan dari Provinsi Kalsel dihadiri Kepala Dinas Pertanian Syamsir Rahman dan Kepala UPT Tahura Sultan Adam, Rahmad.

Kegiatan Penanaman Serentak dan GNPDAS yang masih berhubungan dengan Program Revolusi Hijau Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ini diawali penyerahan bibit secara simbolis oleh Gubernur Kalsel diwakili Kadistan Provinsi Kalsel Syamsir Rahman kepada Bupati Batola Hj Noormiliyani.

Selanjutnya bibit-bibit tersebut oleh Noormiliyani diserahkan secara simbolis kepada para pihak yang terlibat melakukan penanaman seperti Camat Bakumpai Kartayudi, relawan BNPB, anggota TNI, anggota polisi, dan duta wisata Batola berasal dari Diang Batola.

Dimulainya (Kick Off) Penanaman Serentak se-Kalsel dan Peringatan GNPDAS di Batola ini diawali penanaman secara simbolis pohon trembesi dari Bupati Noormiliyani, Pj Sekda Abdul Manaf, para anggota forkopimpda dan para isteri, serta Ketua TP-PKK Batola Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dalam sambutan tertulis dibacakan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengatakan, penanaman pohoN serentak ini akan semakin meningkatkan kolaborasi seluruh elemen masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran akan hutan dan lingkungan yang berperan penting bagi kehidupan dan masa depan baik untuk Kalsel sematan namun juga bangsa bahkan dunia.

Karenanya, untuk meningkatkan partisipasi masyrakat, kata gubernur, perlu dilakukan kajian-kajian ekonomi dan bisnis sehingga kegiatan penanaman pohon sebagai bagian dari upaya rekahbilitasi hutan dan lahan juga dapat menunjang perekonomian daserah dan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga ke depan diharapkan Kalsel akan memiliki komoditas-komoditas unggulan yang lahir dari kawasan perhutanan sosial.

“Jika ini dilakukan secara simultan dan berkelanjutan insya Allah target-terget yang telah ditetapkan dalam program gerakan nasional rehabilitasi daerah aliran sungai dapaat kita capai bersama,” ucapnya.

Di kesempatan penanaman ini, gubernur berpesan kepada seluruh pihak, khususnya bupati/walikota se-Kalsel untuk terus bergerak, memasyarakatkan gerakan menanam dan memelihara pohon.

Kehadiran pejabat di kabupaten/kota dalam pennaaman sertentak dan peringatan GNPDAS, harap gubernur, memberikan contoh kepada masyarakat untuk mau dan peduli untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing.

“Setelah pelaksanaan penanaman serentak hari ini pejabt kabupaten/kota diharapkan dapaat menggerakan semua masyarakat untuk menanam dan menanam,” pintanya. (aol)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved