Berita Tabalong

Kunjungi DPMPD Tabalong, Pilkades di Tala Bakal Adopsi E Voting di Tabalong

Pemkab Tanahlaut bakal mengadopsi sistem Eletronik Voting di Tabalong dalam pelaksanaan Pilkades di Tanahlaut.

Kunjungi DPMPD Tabalong, Pilkades di Tala Bakal Adopsi E Voting di Tabalong
istimewa
Study banding yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Tanah Laut ke kantor Dinas PemberdayaanMasyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Tabalong mendiskusikan program E Voting 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Inovasi yang dilakukan Pemetintah Daerah Kabupaten Tabalong yaitu Elektrnik Voting atau E Voting pada pemilihan Kepala Desa serentak beberapa waktu lalu menarik perhatian Pemerintah Daerah Tanah Laut.

Dalam kegiatan study banding yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Tanah Laut ke kantor Dinas PemberdayaanMasyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Tabalong, mereka  mendiskusikan program E-Voting yang telah diterapkan di Tabalong.

Selain itu, program mengikutsertakan Aparat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan juga turut menjadi bagian dari perhatian Pemkab Tala.

Asisten 1 Pemkab Tala H Bambang mengatakan program E Voting yangvtelahbdilqkukan Pemkab Tabalong patut untuk bisa diterapkan di Kabuoaten Tanah Laut.

Baca: Cari Lebah, Pria Ini Temukan Mayat Perempuan di Tengah Hutan Dikerumuni Lalat dan Duit Sekarung

Baca: OJK Tetapkan Bank Sulselbar Menjadi Bank Devisa, Buka Peluang Investasi

Baca: Berdarah-darah di Pilpres 2019, Hanura Belum Ikhlas Tak Dapat Jatah Menteri di Kabinet Jokowi

Baca: Terjangkit Difteri, Seorang Bocah 4 tahun di Sorong Papua Barat Meninggal

"Kami akan mengadopsi sistem E Voting dalam pemilihan kepala desa yang rencananya akan dilaksanakan pada Desember mendatang dan dilakukan pada satu desa," ujarnya.

Bentukbkerjasama adalah adanya diskusi yang nantinya dilakukan dalam berjalannya persiapan menuju pemilihan kepala desa.

Mengenai teknis aplikasi yang digunakan juga akan berkoordinasi dengan Diskominfo Tabalong. Pihaknya juga akan mencoba menerapkan BPJS Ketenagakerjaan untuk aparat desa.

"Kami sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan di Kabupaten Tabalong dan Bupati Tabalong juga mendukung akan kerjasama ini, kami sangat berterimaksih bisa saling membantu dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kami juga berterimakasih sudah ditawari bekerjasama ini," ujarnya.

Terpisah Kepala DPMPD Tabalong Arianto mengatakan pihajnya akan mensupport dalam hal regulasi dan untuk teknis bekerjasama dengan Diskominfo Tabalong. "Melakukan koordinasi dan siap membantu sesuai dengan arahan Bupati Tabalong," ujarnya.

Arianto menambahkan sebelumnya Pamerintah Daerah Tabalong telah menerapkan sistem E Voting dalam pemilihan kepala desa serentak dibtiga desa dan terbuksi sukses.

Baca: Hasil Semifinal French Open 2019, Marcus/Kevin ke Final, Jonatan Christie Susul Ginting? Live BWF

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming TV Online Man City vs Aston Villa Liga Inggris, Live TVRI & Mola TV

Baca: Jadwal Liga 1 2019, Bali United vs Barito Putera : Djanur Minta Anak Asuhnya Waspadai Spaso

"Dilihat dari jumlahrtisipasi lebih tibggi dan keberhasilan kualitatif karena yang datang ke TPS suaranya pasti terakomodir dengan tidak adanya suara abstain atau rusak," ujarnya.

Untuk BPJS Ketenagakerjaan Tabalong juga selama dua tahun terakhir ini telah mengimbau kepada seluruh desa untuk mendaftarkan seluruh aparat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved