Saraba Kawa

Buka Green Tabalong Recycle Carnaval, Bupati Anang Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan Green Tabalong Recycle Carnaval

Buka Green Tabalong Recycle Carnaval, Bupati Anang Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
Pemkab HST
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani membuka kegiatan Green Tabalong Recycle Carnaval 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan Green Tabalong Recycle Carnaval yang mengangkat tema Kita Generasi Peduli Mari Selamatkan Bumi di Halaman Pendopo Bersinar, Minggu (27/10/2019).

 Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari SMP dan SMA sederajat, dengan adanya kegiatan ini menjadi edukasi kepada masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan. Khususnya generasi milenial yang akan menjadi penerus pembangunan Kabupaten Tabalong.

 Kepala Dinas Pendidikan Tabalong Akhmad Rizali Noor mengatakan generasi muda perlu terus memupuk jiwa kepedulian terhadap lingkungan. Salahsatunya adalah dengan menyadari bahwa sampah adalah salah satu sebab  perusak lingkungan. Selain dimusnahkan sampah juga bisa didaur ulang untuk barang yang lebih berharga.

 Carnaval yang diikuti oleh 94 siswa ini menggunakan barang bekas yang bisa mudah ditemukan dilingkungan sekitar. Dan para siswa dibantu pihak sekolah mengolah barang tidak berguna tersebut menjadi sebuah karya seni yaitu menjadi busana yang menarik.

 “Ada pesan yang ingin disampaikan dalam carnaval ini yaitu, sampah yang tidak bernilai ternyata bisa disulap menjadi barang yang  berguna, selain membuatnya menjadi kerajinan masyarakat umum juga bisa meningkatkan nilai ekonomis sampah dengan menjualnya di bank sampah yang saat ini sudah banyak dikelola di masyarakat,” ungkapnya.

 Carnaval ini bisa diikuti oleh Satu sekolah satau satu regu terdiri dari enam orang, dengan hadiah pemenang  diserahkan ke enam pemenang. Juara 1 mendapatkan Rp 3 juta, juara 2 mendapatkan Rp 2,4 juta, juara 3 mendapatkan Rp 2 juta, juara harapan 1 mendapatkan Rp 1,5 juta, juara harapan 2 mendapatkan Rp 1,25 juta, dan juara harapan 3 medapatkan Rp Rp 700 ribu. Dan untuk tim terbaik mendapatkan Rp 500 ribu.

Dalam Rangka memperingati hari Sumpah Pemudah, Disdik menggelar kegiatan Green Tabalong Recyycle Carnaval
Dalam Rangka memperingati hari Sumpah Pemudah, Disdik menggelar kegiatan Green Tabalong Recyycle Carnaval (Pemkab Tabalong)

 Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani yang membuka kegiatan ini mengatakan hadiah yang diberikan kepada peserta hanya sebagai hiburan, tujuan awal adalah mengedukasi seluruh masyarakat untuk bisa mengolah sampah dengan lebih baik. Bisa dijadikan barang yang kembali bermanfaat atau ditingkatkan nilainya melalui bank sampah.

 Pemerintah Daerah Kabuaten Tabalong secara serius mengatasi permasalahan sampah dimasyarakat. Perilaku membuang sampah sembarangan perlu benar benar dihilangkan. Dan pemerintah menyediakan fasilitas yang  memadai untuk ketersediaan tempat sampah dan pengelolaan sampah yang baiik.

 “Menjadikan Kabupaten Tabalong bersih bukan hanya tugas pemerintah daerah melainkan tugas bersama dan seluruh pihak, karenanya mari kita selamatkan bumi dengan menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

 Peserta carnaval menampilkan hasil karya sampah yang didaur ulang menjadi busana kepada masyarakat yang banyak hadir untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Busana dalam bentuk gaun dan baju ada yang terbuat dari koran bekas, kertas bekas, plastik bekas yang semuanya mudah ditemukan.

 Kegiatan ini juga dihadiri oleh  Ketua DPRD TabalongH Mustafa, Kejaksaan Tabalong, Pengadilan Negeri Tabalong dan Ketua TP PKK Tabalong.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani membuka kegiatan Green Tabalong Recycle Carnaval
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani membuka kegiatan Green Tabalong Recycle Carnaval (Pemkab Tabalong)

(aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved