Berita Kalteng

Bupati Bebaskan 200 Hektare Lahan Kembangkan Segintung, Sarpras Tangki Timbun CPO Segera Dibangun

Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, terus mengembangkan Pelabunan Segintung yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir, Desa Sungai Perlu

Bupati Bebaskan 200 Hektare Lahan Kembangkan Segintung, Sarpras Tangki Timbun CPO Segera Dibangun
tribunkalteng.co/fathurahman
Bupati Seruyan, Yulhaidir 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAPEMBUANG - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, terus mengembangkan Pelabunan Segintung yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir, Desa Sungai Perlu, Kalimantan Tengah, agar kapal-kapal beroperasi dengan lancar.

Dalam rangka pengembangannya, Pemkab Seruyan mulai tahun 2020 mendatang, membebaskan lahan seluas 200 hektare untuk peningkatan sarana dan prasarana pelabuhan tersebut, untuk membangun tangki timbun maupun fasilitas Crude Palm Oil (CPO) yang akan menggunakan pelabuhan.

Beberapa pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit di Kalteng berharap Pelabuhan Segintung akan terus dikembangkan, agar kedepannya, bisa menampung lebih banyak produk perkebunan kelapa sawit untuk pengapalan ke pulau jawa atau provinsi lainnya di dalam negeri.

Baca: Link Sscasn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses Buat BKN Diserbu, Pendaftaran CPNS 2019 Diundur?

Baca: Jijik Aurel Lihat Kelakuan Ashanty & Anang Hermansyah Diungkap, Putri Krisdayanti Ngaku Illfeel

Baca: Kondisi Mantan Citra Kirana, Ali Syakieb Setelah Eks Kekasihnya Dilamar Rezky Aditya, Diminta Sabar

"Saat ini kapal yang masuk lewat sungai makin susah, karena kadang harus menunggu sungai pasang, diperlukan waktu berjam-jam agar kapal bisa masuk muara sungai yang dangkal, tapi lewat segintung bisa langsung, karena posisi pelabuhan di bibir pantai laut jawa," ujar Hudiyanto, salah satu pengusaha di Kalteng, Minggu (27/10/2019).

Sementara itu, Bupati Seruyan, H Yulhaidir, mengakui, tahun depan pihaknya membebaskan lahan hingga 200 hektare untuk pengembangan pelabuhan tersebut, nantinya akan dibangun beberapa fasilitas pendukung untuk operasional hasil kebun sawit yang memanfaatkan pelabuhan.

"Kami Kembangkan terus, saat ini sudah beroperasi kapal perintis untuk angkutan penumpang, kapal pengangkut material bangunan, kapal masyarakat atau nelayan. Kapal makin banyak menggunakan pelabuhan segintung, saya optimistis kedepan pelabuhan samudera tersebut makin ramai," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved