Berita Internasional

Didiskualifikasi saat Lomba Lari Karena Berhijab, Pelajar di AS Akhirnya Mendapat Dukungan Luas

Seorang pelajar berusia 16 tahun di Ohio, Amerika Serikat mendapatkan dukungan dari senator dan berbagai pihak setelah didiskualifikasi dalam lomba

Didiskualifikasi saat Lomba Lari Karena Berhijab, Pelajar di AS Akhirnya Mendapat Dukungan Luas
FACEBOOK/NOOR ALEXANDRIA ABUKARAM
Noor Abukaram 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Seorang pelajar berusia 16 tahun di Ohio, Amerika Serikat mendapatkan dukungan dari senator dan berbagai pihak setelah didiskualifikasi dalam lomba lari karena mengenakan jilbab.

Noor Abukaram mengatakan ia baru diberitahu bahwa pakaiannya melanggar aturan setelah melintasi garis finis.

Di tengah kontroversi ini, asosiasi sekolah menengah, Ohio High School Athletic Association (OHSAA) mengatakan mereka tengah mempertimbangkan untuk memberikan pengecualian dalam peraturan terkait agama untuk lomba berikutnya.

Cerita tentang Noor yang diunggah di Facebook memicu debat tentang baju yang dapat dikenakan dalam olahraga dan diskriminasi.

Noor mengatakan ia senang mendapatkan dukungan melalui media sosial termasuk dari mereka yang membagikan cerita yang sama.

Baca: Ada Apa? Bu Mega Pakai Busana Warna Sama Didua Pelantikan Kabinet, Ternyata Ungu Bukan Warna Janda

Baca: BH & CD Berserakan di Ranjang, Pegawai Honorer Dinas Pendidikan Digerebek dengan Pak Kabid di Hotel

Baca: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2019- Maverick Vinales Tercepat Quartararo ke-2, Valentino Rossi?

Isu ini juga mendapat perhatian dari calon presiden, Senator Elizabeth Warren, yang mencuit, "Saya dukung kamu Noor."

"Setiap anak harus merasa aman dan diterima di sekolah — dan pelajar Muslim tidak boleh ditolak berpartisipasi dalam aktivitas sekolah," tulis Warren.

Noor sendiri mengatakan jilbabnya tak pernah menjadi masalah sebelumnya. Lomba hari Sabtu (19/10) lalu itu merupakan yang ketujuh baginya. Ia juga ikut dalam tim sepak bola tanpa masalah.

Ia mengatakan ikut lari dengan mengenakan blus lengan panjang, legging dan jilbab Nike yang juga digunakan oleh banyak atlet profesional termasuk dalam Olimpiade.

Noor ikut lomba dengan tim sekolahnya Silvania Northview dan jilbab tak pernah menjadi masalah sampai tingkat penyelenggaraan di daerah, Findlay, sekitar 220 km dari Cleveland, Ohio.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved