Berita Banjarbaru

Gubernur Kalsel Pada Peringatan Sumpah Pemuda : Bersatu Kita Maju, Jangan Terjebak Buaian Teknologi

Gubernur Kalsel, H Sahbirin dalam sambutan menteri pemuda dan olahraga, Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau.

Gubernur Kalsel Pada Peringatan Sumpah Pemuda : Bersatu Kita Maju, Jangan Terjebak Buaian Teknologi
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menjadi inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Senin (28/10) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju".

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin dalam sambutan menteri pemuda dan olahraga, Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau.

Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Baca: Kemenpan Janjikan Tambahan Formasi CPNS dan PPPK Tanahbumbu Tahun 2020, Tanahbumbu Dapat 145 Formasi

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Selain itu makna sumpah pemuda kali ini, adalah mengembalikan pemuda masa kini sebagai pejuang bukan hanya penikmat.

Hal itulah yang ditekankan dalam rangka hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Provinsi‎ Kalsel menggelar upacara di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Senin (28/10/2019) pagi.

Menurutnya pemuda masa kini tidak boleh terjebak dalam buaian tehnologi.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved