Lifestyle

NEWSVIDEO : Cosplay Banua Tembus Manca Negara

Kostum-kostum unik atau cosplay dari sejumlah superhero terpajang rapi di workshop milik Arin True Costume Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kostum-kostum unik atau cosplay dari sejumlah superhero terpajang rapi di workshop milik Arin True Costume Banjarmasin. Mulai dari Power Rangers, Kamen Rider, dan superhero lainnya yang hingga saat ini masih tetap hits.

Selaku Owner, Ahmad Andrian atau yang akrab disapa Arin telah menekuni bisnis cosplay sejak 2017. Kecintaannya pada superhero Power Ranger yang hits kala itu menjadi hobi yang tersalurkan melalui jasa pembuatan kostum cosplay.

Power Ranger putih dan Batman adalah karakter superhero cosplay pertama yang dibuat Arin. Awal mulanya dia iseng berswafoto mengenakan kostum superhero buatannya dan diunggah ke media sosial facebook, ternyata banyak yang berminat dan berlanjut menjadi bisnis yang ditekuninya hingga saat ini.

"Customer yang sudah membeli atau berlangganan tidak di Indonesia saja, melainkan sudah sampai luar negeri di antaranya negara Asia Tenggara, Malaysia dan Singapura, hingga Brazil," ungkapnya.

Baca: Viral, Gadis Desa Disiksa Selama Dua Hari di 3 Lokasi, Dikat Dipukul Digantung, Dituduh Curi Cincin

Baca: Modus dan Fakta Ayah Cabuli Anak Tiri hingga Melahirkan di Tapin, Korban dan Ibunya Diancam Dibunuh

Baca: NEWSVIDEO : Polres Tapin Operasi Antik 2019, Sita 24.56 Gram Sabu dan 2.310 Butir Obat Daftar G

Baca: Empat warga Tabalong Diamankan, Polisi Sita 7,13 Gram Sabu

Ditambahkannya, untuk proses pembayaran dari luar negeri seperti di Brazil dan kawasan Amerika Selatan lainnya menggunakan Western Union, sedangkan kawasan Asia Tenggara bisa transfer antarbank.
Biasanya customer langsung membeli full set yang terdiri dari helm, perisai, baju dalam, sarung tangan, ikat pinggang, sepatu boots, pedang, dan pistol.

Untuk pembuatan full set cosplay, dimulai dari bagian-bagian yang sulit yakni lengan, siku, kaki kemudian bagian dada atau perisai lanjut ke baju dalam atau innersuit. Bahan-bahan yang digunakan terbuat dari foam atau busa hati untuk perisai, kulit imitasi atau cat pada bagian badan tergantung permintaan customer. Perbedaannya kulit imitasi harganya lebih mahal sedangkan cat untuk low budget, kemudian pedang, pistol, dan helm terbuat dari fiber silikon.

Lama pengerjaan bisa mencapai dua pekan hingga satu bulan tergantung permintaan customer low budget, standard budget, atau high budget. Adapun yang paling rumit pembuatannya pada bagian helm.

Kostum cosplay karakter dijual dengan harga yang bervariasi, untuk kostum anak-anak dibanderol mulai Rp 1 jutaan. Kostum cosplay dewasa dipatok tergantung permintaan customer, untuk low budget seharga Rp 1,5 jutaan, yang medium atau standard budget Rp 2,5 jutaan, dan high budget seharga Rp 5-6 jutaan.

Baca: PPP Banjar Tiadakan Mahar, Cuma Persyaratkan Ini pada Balonbup

Baca: Dukung Pendidikan di Tanbu, PT BIB Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Bupati Sudian Noor

Baca: Digeledah di Pinggir Jalan, Polisi Temukan Sabu di Saku Belakang Celana Ali

Arin menyebut, film-film superhoro yang baru dirilis atau yang diputar kembali turut mendongkrak pemesanan. Selain itu untuk meningkatkan penjualan atau menarik konsumen pihaknya menggeber promo dan memperbanyak postingan di media sosial melalui akun Instagram @arintrue_costume dan akun Facebook Arin True.

"Kepada pemerintah saya pribadi berharap ongkos kirim dapat ditekan karena untuk ke Brazil ongkirnya mencapai Rp 3 juta. Harapannya bisa lebih hemat lagi supaya customer luar negeri bisa berlangganan membeli kostum kepada saya. " pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/tim)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved